PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BALOK DAN KUBUS UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Ebenezer Panjaitan ., Denny Haris .

Abstract


Media pembelajaran ialah suatu alat yang membantu untuk proses pembelajaran berfungsi memperjelas makna pesan atau informasi ingin disampaikan, sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran learning management system berbasis problem based learning (PBL) Pada materi balok dan kubus untuk siswa smp kelas VIII yang layak dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari aspek kevalidan, penilaian validator materi adalah 4,22 sedangkan penilaian validator media adalah 4,15 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan aspek kepraktisan, hasil respon penilaian peserta didik terhadap uji coba kelompok kecil adalah 4,08 termasuk kategori praktis dan aspek keefektifan hasil respon penilaian peserta didik terhadap uji coba kelompok besar adalah 4,15 termasuk kategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran learning management system (LMS) berbasis problem based learning (PBL) Pada materi balok dan kubus untuk siswa smp kelas VIII dinyatakan layak sebab valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Media pembelajaran, e-Learning, problem based learning.

 

ABSTRACT

Learning media is a tool that helps the learning process function to clarify the meaning of the message or information to be conveyed, so as to achieve the planned learning objectives. This study aims to obtain a learning management system based on problem based learning (PBL) media on block and cube material for class VIII junior high school students that is feasible from the aspect of validity, practicality and effectiveness. This type of research is Research and Development model ADDIE. The results showed that from the aspect of validity, the material validator's assessment was 4.22 while the media validator's assessment was 4.15 which was included in the very feasible category. Based on the practical aspect, the results of the student's assessment response to the small group trial were 4.08 including the practical category and the effectiveness aspect of the student's assessment response to the large group trial was 4.15 including the effective category. Thus, it can be concluded that the learning management system (LMS) learning media based on problem based learning (PBL) on block and cube material for class VIII junior high school students is declared feasible because it is valid, practical and effective to use in the learning process.

Keywords: Learning media, e-Learning, problem based learning.


Full Text:

PDF

References


Arsyad,A. (2010). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Branch, R. M. (2009). Instructional

Design-The ADDIE Approach. New

York: Springer.

Cahyo, A. N. (2013). Paduan Aplikasi

Teori-Teori Belajar Mengajar

Teraktual dan Terpopuler.

Yogyakarta: DIVA Press.

Cole,J, and H Foster. (2008). Using

Moodle (2Ed). San Fransisco:

Media.

Darmadi,H. (2011). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dick, W. and Carey, L. (1990). The

Systematic Design of Instruction.

(Third ed.). United States of

America : Harper Collins

Publishers.

Falahudin, (2014).Pemanfaatan Media

Dalam Pembelajaran. Jurnal

Lingkar.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model

Pembelajaran Inovatif.

Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik

dan Kontekstual dalam

Pembelajaran Abad 21. Bogor :

Ghalia Indonesia.

Purwono, J dkk. (2014). Penggunaan

Media –Visual Pada Mata

Pelajaran Ilmu

Pengetahuan Alam Disekolah Menengah

Pertama Negeri 1Pacitan. Jurnal

Teknologi Pendidikan dan

Pembelajaran.

Jauhari, (2018) . Peran Media

Pembelajaran Dalam Pendidikan

Islam. Jurnal Pendidikan Agama

Islam.

Kuan-nien, C., Lin, P.-c., & Chang, S.-S.

(2011). Integrating Library

Instruction Into a Problem Based

Learning Curriculum. Aslib

Proceedings, 63(5), 517-532.

Kusumaningrum, D. A. dan S. N.

Rahardjo. (2013). Pengaruh

Keputusan Investasi, Keputusan

Pendanaan, Kebijakan Deviden,

Dan Kepemilikan Manajerial

Terhadap Nilai Perusahaan.

Diponegoro Journal of

Accounting. Vol. 2, No. 4, pp. 1-

ISSN (online): 2337-3806.

Mahnu, N. (2012). Media Pembelajaran

(Kajian Terhadap Langkah-

Langkah Pemilihan Media Dan

Implementasinya Dalam

Pembelajaran. Yogyakarta.

Mahnegar, F. (2012). Learning

Management System. International

Journal of Business and Social

Science, 3(12), 144-150.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh

Berbasis Teknologi Informasi dan

Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Renaldo, (2007). Pembuatan Media

Pembelajaran E-Learning Berbasis

Moodle Pada Mata Kuliah

Pengantar Aplikasi Komputer

Universitas Serambi Mehka. Jurnal

Didaktika.

Richey, R & Nelson. (1996).

Developmental Research. In

Jonassen (Ed). Hand Book of

Research for Educational

Communicational and Technology.

New York: McMillan P ublishing

Company.

Siregar, A. (2014). Problem Based

Learning Terhadap Kemampuan

Berpikir Kreati Siswa .Bogor:

Teori Belajar dan Pemb




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i1.34025

Article Metrics

Abstract view : 244 times
PDF - 657 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter