PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BALOK DAN KUBUS UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
Abstract
Media pembelajaran ialah suatu alat yang membantu untuk proses pembelajaran berfungsi memperjelas makna pesan atau informasi ingin disampaikan, sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran learning management system berbasis problem based learning (PBL) Pada materi balok dan kubus untuk siswa smp kelas VIII yang layak dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari aspek kevalidan, penilaian validator materi adalah 4,22 sedangkan penilaian validator media adalah 4,15 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan aspek kepraktisan, hasil respon penilaian peserta didik terhadap uji coba kelompok kecil adalah 4,08 termasuk kategori praktis dan aspek keefektifan hasil respon penilaian peserta didik terhadap uji coba kelompok besar adalah 4,15 termasuk kategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran learning management system (LMS) berbasis problem based learning (PBL) Pada materi balok dan kubus untuk siswa smp kelas VIII dinyatakan layak sebab valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Media pembelajaran, e-Learning, problem based learning.
ABSTRACT
Learning media is a tool that helps the learning process function to clarify the meaning of the message or information to be conveyed, so as to achieve the planned learning objectives. This study aims to obtain a learning management system based on problem based learning (PBL) media on block and cube material for class VIII junior high school students that is feasible from the aspect of validity, practicality and effectiveness. This type of research is Research and Development model ADDIE. The results showed that from the aspect of validity, the material validator's assessment was 4.22 while the media validator's assessment was 4.15 which was included in the very feasible category. Based on the practical aspect, the results of the student's assessment response to the small group trial were 4.08 including the practical category and the effectiveness aspect of the student's assessment response to the large group trial was 4.15 including the effective category. Thus, it can be concluded that the learning management system (LMS) learning media based on problem based learning (PBL) on block and cube material for class VIII junior high school students is declared feasible because it is valid, practical and effective to use in the learning process.
Keywords: Learning media, e-Learning, problem based learning.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad,A. (2010). Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Branch, R. M. (2009). Instructional
Design-The ADDIE Approach. New
York: Springer.
Cahyo, A. N. (2013). Paduan Aplikasi
Teori-Teori Belajar Mengajar
Teraktual dan Terpopuler.
Yogyakarta: DIVA Press.
Cole,J, and H Foster. (2008). Using
Moodle (2Ed). San Fransisco:
Media.
Darmadi,H. (2011). Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Dick, W. and Carey, L. (1990). The
Systematic Design of Instruction.
(Third ed.). United States of
America : Harper Collins
Publishers.
Falahudin, (2014).Pemanfaatan Media
Dalam Pembelajaran. Jurnal
Lingkar.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model
Pembelajaran Inovatif.
Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik
dan Kontekstual dalam
Pembelajaran Abad 21. Bogor :
Ghalia Indonesia.
Purwono, J dkk. (2014). Penggunaan
Media –Visual Pada Mata
Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Disekolah Menengah
Pertama Negeri 1Pacitan. Jurnal
Teknologi Pendidikan dan
Pembelajaran.
Jauhari, (2018) . Peran Media
Pembelajaran Dalam Pendidikan
Islam. Jurnal Pendidikan Agama
Islam.
Kuan-nien, C., Lin, P.-c., & Chang, S.-S.
(2011). Integrating Library
Instruction Into a Problem Based
Learning Curriculum. Aslib
Proceedings, 63(5), 517-532.
Kusumaningrum, D. A. dan S. N.
Rahardjo. (2013). Pengaruh
Keputusan Investasi, Keputusan
Pendanaan, Kebijakan Deviden,
Dan Kepemilikan Manajerial
Terhadap Nilai Perusahaan.
Diponegoro Journal of
Accounting. Vol. 2, No. 4, pp. 1-
ISSN (online): 2337-3806.
Mahnu, N. (2012). Media Pembelajaran
(Kajian Terhadap Langkah-
Langkah Pemilihan Media Dan
Implementasinya Dalam
Pembelajaran. Yogyakarta.
Mahnegar, F. (2012). Learning
Management System. International
Journal of Business and Social
Science, 3(12), 144-150.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh
Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Renaldo, (2007). Pembuatan Media
Pembelajaran E-Learning Berbasis
Moodle Pada Mata Kuliah
Pengantar Aplikasi Komputer
Universitas Serambi Mehka. Jurnal
Didaktika.
Richey, R & Nelson. (1996).
Developmental Research. In
Jonassen (Ed). Hand Book of
Research for Educational
Communicational and Technology.
New York: McMillan P ublishing
Company.
Siregar, A. (2014). Problem Based
Learning Terhadap Kemampuan
Berpikir Kreati Siswa .Bogor:
Teori Belajar dan Pemb
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i1.34025
Article Metrics
Abstract view : 244 timesPDF - 657 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :