PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus : SMP Al-Hidayah Medan)

Yasifati Hia ., Sri Wahyuni .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) ; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) di Kelas VIII SMP Yayasan Perguruan AL-Hidayah Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Yayasan Perguruan AL-Hidayah Medan pada semester ganjil T.A. 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Yayasan Perguruan AL-Hidayah Medan yang berjumlah 26 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I belum memenuhi kategori ideal karena persentase aktivitas siswa berdiskusi/bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru serta merespon pertanyaan guru/teman belum memenuhi batas toleransi PWI yaitu 20,18% dari waktu yang tersedia sedangkan idealnya adalah (25% sampai 35%). Begitu juga dengan tes hasil belajarnya diperoleh 16 siswa 61,53% dari 26 siswa tuntas dengan nilai rata-rata kelas 59,61, namun pada siklus II persentase aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru serta merespon pertanyaan guru/teman sudah memenuhi batas toleransi PWI yaitu 26,95%. Untuk aktivitas siswa memperhatikan penjelasan guru/teman pada siklus II telah memenuhi batas toleransi PWI yaitu 27,76%, dan terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa (88,64%) dengan nilai rata-rata 75,19. Karena semua  kriteria sudah dipenuhi maka aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pada siklus II telah memenuhi kategori ideal. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci : Aktivitas dan  Hasil, TPS, SPLDV.

 

ABSTRACT

This research was purposed to: (1) Know the increasement of students’ learning activity of mathematics after applying cooperative learning model with type of TPS. (2) Know the increasement of students’ learning outcome of mathematics after applying cooperative learning model with type of TPS. Type of this research was Classroom Action Research. Subject of this research was students of class VIII SMP Yayasan Perguruan Al-Hidayah Medan which consisted of 26 person meanwhile object in this research was implementation of cooperative learning model with type of TPS to increase students’ learning activity and outcome of mathematics in the topic of system of two linear eqation in year academic of 2017/2018. the percentage of students’ activity to discuss/asking between students and teacher didn’t satisfy the tolerance of PWI with 20,18% from available time meanwhile the ideal on  and From the test results of the first study showed that students who completed there are 16 students, classical completeness 61,53%, with an average value of class 59,61, the category of student learning outcomes is being, has not reached the classical completeness ≤ 85%, the study continued into the second cycle. In Cycle II, students’ activity of listening/attent teacher/friend’s explanation was on tolerance of PWI with 26.95% and students’ activity to discuss/asking between students and teacher was satisfied the tolerance of PWI with 27.76%. and the students who complete 23 student, classical completeness 88,64%, with an average grade 75,19, the category of high student learning outcomes. Because all criterions had been satisfied then students’ learning activity and outcome in Cycle II has satisfied ideal category. So, can be concluded that cooperative learning model with type of TPS can increase students’ learning activity and outcome of mathematics.

Keywords: Activity, Outcome, Think-Pair-Share, System Of Two Linear Equation


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M, (2012), Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Arends R. I. 2008. Learning to teach.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, S, B., (2016), Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta..

Herwati, (2015), Efektivitas Pendekatan Realistik Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika, Jurnal Peluang.

Hudojo. 1990. Heboh tentang pengajaran matematika di SD. Makalah disajikan pada seminar regional matematika kota Malang.

Istarani, Intan P, (2017), Ensiklopedia Pendidikan Jilid 1, Larispa, Medan.

Istarani, (2011), 58 Model Pembelajaran Inovatif, CV ISCOM, Medan.

Jamaris, M, (2014). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah, Galia Indonesia, Bogor.

Kamal, S, (2016). Implementasi Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 10 Banjar Masin pada Materi Barisan dan Deret, Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 1, Januari - April 2016

Ningsih, S dan Soetjipto, (20017), Improving The Student’s Activity And Learning Outcomes On Social Science Subject Using Round Table And Rally Coach Of Cooperative Learning Model , Jurnal of Education And Practice.

Puryanti, (2015), Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika.

Rusman, (2014). Model - Model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru, Rajawali Pers, Jakarta.

Sardirman, AM, (2011), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pres, Jakarta.

Surya, E. 2012. Upaya Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Tematik, PPS Dikdas Unimed. 7, (1), 1-14.

Surya E. 2013. Analisis Pemetaan dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMA di Kabupaten Tapteng dan Kota Sibolga Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol 6 Nomor 1, hal 75-88.

Surya, E. Putri, F.A. and Mukhtar. 2017. Improving Mahematical Problem Solving Ability and Self-Confidence of High School Students Through Contextual Learning Model. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 8(1), 85-94.

Surya, E dan Riska R, (2014), Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ar-Rahman Percut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD), Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma Surya, E. 2009. “Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Berbasis Masalah dalam Pemecahan Masalah Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, IV (1), 14-17.

Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i1.34042

Article Metrics

Abstract view : 181 times
PDF - 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter