PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK ANIMASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI EKSPONEN UNTUK SISWA KELAS X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran matematika berbentuk animasi menggunakan Macromedia Flash 8 yang valid, praktis dan efektif pada materi eksponen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 11 Medan berjumlah 18 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah media pembelajaran matematika menggunakan Macromedia Flash 8. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi materi, media, respon siswa dan guru serta tes hasil ketuntasan belajar siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kevalidan produk media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dan media memperoleh skor rata-rata sebesar 3,57 dan 3,62 dengan kategori sangat valid. (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan hasil penilaian guru adalah 82,14% dalam hal ini tergolong sangat praktis dan skor kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa adalah 81,54% dalam hal ini tergolong sangat praktis. (3) Keefektifan media pembelajaran diperoleh dari hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 83,34% sehingga secara klasikal memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan dan siswa merespon positif terhadap media dengan pencapaian persentase sebesar 86,5% yang termasuk dalam kategori positif. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran matematika berbentuk animasi menggunakan Macromedia Flash 8 pada materi eksponen ini dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif. Media yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai alternatif oleh guru dalam kegiatan pembelajaran dan dapat dijadikan pedoman bagi guru dan peneliti lain, dalam mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan karakterisitik pembelajaran yang diterapkan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Animasi, Macromedia Flash 8, Eksponen, ADDIE
ABSTRACT
This study aims to develop and produce a mathematical learning media product in the form of animation using Macromedia Flash 8 which is valid, practical and effective on exponent material. The type of research used is research and development (Research and Development) which refers to the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The subjects in this study were 18 students of class X IPA 6 SMA Negeri 11 Medan, while the object of this research was mathematics learning media using Macromedia Flash 8. The instruments used were material validation questionnaires, media, student and teacher responses and learning completeness results tests. student. The results in this study indicate that: (1) The validity of learning media products based on the assessment of material and media experts obtained an average score of 3.57 and 3.62 with very valid categories. (2) The practicality of learning media based on the teacher's assessment results is 82.14% in this case classified as very practical and the practicality score based on the student assessment results is 81.54% in this case classified as very practical. (3) The effectiveness of learning media obtained from the results of student learning mastery classically is 83.34% so that classically it meets the criteria for achieving mastery and students respond positively to the media with the achievement of a percentage of 86.5% which is included in the positive category. Based on the research results, the development of mathematics learning media in the form of animation using Macromedia Flash 8 on this exponent material can be said to be feasible with valid, practical and effective categories. The resulting media can be used as an alternative by the teacher in learning activities and can be used as a guide for teachers and other researchers, in developing learning media in accordance with the characteristics of the applied learning.
Keywords: Learning Media, Animation, Macromedia Flash 8, Exponent, ADDIE
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasi Multimedia Interaktif Sekolah Menengah Kejuruan Terhadap Efektif Dan Efisiensi Pembelajaran. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2) : 115-126.
Fardani, Z., Edy Surya , Mulyono. 2021. Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39-51.
Feriandi, Y. & Abdul, H.I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X. Journal of Computer and Information Technology, 3(1) : 7-11.
Kurniawati, I.D. & Sekreningsih, N. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal of Computer and Information Technology, 1(2) : 68-75.
Pribadi, B. A. (2016), Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Kencana.
Puspita, G. I., Monawati., & Rosma, E., (2017). Korelasi Presepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Dengan Hasil Belajarnya di Kelas V SD Negeri I Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 39-46.
Sumantri, P., (1999), Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdibud.
Surya, E. 2013.Peningkatan Kemampuan Representasi Visual Thinking Pada Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kontekstual. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Susilawati, S. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan Pedagogia. 17(1): 65-79.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i1.34043
Article Metrics
Abstract view : 153 timesPDF - 149 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :