PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DI KELAS VIII MTS AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG

Triana Ardianti ., Katrina Samosir .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis Blended Learning lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematika yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi koordinat kartesius di Kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung T.A. 2021/2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen  dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Alat pengumpul data digunakan data posttest dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian selama dua kali pertemuan, diperoleh nilai rata-rata sebesar 86 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,83. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, diperoleh thitung = 5,425 dan ttabel = 1,671 dengan = 0,05 dan dk = n1 + n2 -2 = 58. Ternyata thitung > ttabel yaitu 5,425 > 1,671 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Blended Learning lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan koordinat kartesius di kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung T.A. 2021/2022.

 

Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematik, Eksperimen Semu, Think Pair Share, Blended Learning

ABSTRACT

This study aims to determine whether the mathematical communication skills of students who are taught the Think Pair Share (TPS) cooperative learning model based on Blended Learning are higher than the mathematical communication skills of those taught using the conventional learning model on Cartesian coordinates in Class VIII MTs Al-Jam'iyatul. Washliyah Tembung T.A. 2021/2022. The population of this study were all students of class VIII. Sampling was done by cluster random sampling and selected class VIII-6 as the experimental class and class VIII-1 as the control class. This type of research is a quasi-experimental. The data collection tool used posttest data in the form of a description. From the results of the study for two meetings, an average value of 86 in the experimental class and control class obtained an average value of 73.83. To test the hypothesis, the t-test was used, obtained tcount = 5.425 and ttable = 1.671 with = 0.05 and dk = n1 + n2 -2 = 58. It turns out that tcount > ttable i.e. 5.425 > 1.671 which means H0 is rejected and Ha is accepted, so the conclusion is obtained that the communication skills of students taught by the Think Pair Share (TPS) Cooperative learning model based on Blended Learning are higher than students taught by conventional learning models on the subject of Cartesian coordinates in class VIII MTs Al-Jam'iyatul Washliyah Tembung T.A. 2021/2022.

Keywords: Mathematical Communication Ability, Quasi Experiment, Think Pair Share, Blended Learning

 


Full Text:

PDF

References


Ansari. B.I. (2018). Komunikasi Matematika, Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar, Banda Aceh: Yayasan Pena

Dwiyogo. W.D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajagrafindo Persada

Hafriani, (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Sisw Berdasarkan NCTM Melalui Tugas Terstruktur Dengan Menggunakan ICT. Jurnal Ilmiah. 22(1), 63-80

Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan : Perdana Publishing

Huda, M. 2017. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Juliani, R., Surya, E. (2021). Differences of Solid Students Mathematical Problems Through Resource Based Learning Approach on Material Systeem Equal Linear Two Variables in Class VIII SMP Private Muhammadiyah 2 Medan. Jurnal Karismatika, 7(1), 41-44.

Lestari, Sri Ayu Bintang, Sahat Saragih dan Hasratuddin. (2018). Developing learning Materials Based on Realistic Mathematics Education with Malay Culture Context to Improve Mathematical Communication Ability and Self-Efficacy of Student in SMPN 2 Talawi. Science and Education Publishing : American Journal of Educational Research, 6(11). 1473-1480

Nasruddin dan Zainal Abidin. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa SMP. Journal Of Educational Science And Technology. 3(2), 113-121

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston VA : NCTM

Nuraeni, Reni dan Irena Luritawaty. (2016). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. 5(2). 101-112

Perwitosari, Noni, Rini Asnawati, Haninda Bharatha. (2018). Pengaruh pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika Unila. 6(6), 535-546

Rahmah, Nadya Alvi, Masithoh Yessi, Muniri. (2020) Pengaruh Model Pembelejaran TPS Menggunakan Media Google Classroom terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa IAIN Tulungagung. Jurnal Tadris Matematika. 3(2). 195-206

Ranti, Mayang Gadih. (2015). Meningkatkan Komponen Matematis Siswa Menggunakan Strategi Writting to Learn pada Siswa SMP. STKIP PGRI Banjarmasin: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2). 96-102

Riasari, Diana. (2018). Peranan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Terhadap Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Statistik Pada SMAN 1 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2(4). 813-820

Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media:

Sudjana. (2009). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Surya, E., Purba, C., Syahputra, E., D Haris., Mukhtar, Sinaga, B. (2020) Batak Toba culture on mathematics learning process at Medan high school. Journal of Physics: Conference Series. 1613 (2020) 012063, doi:10.1088/1742-6596/1613/1/012063




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i2.34085

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter