META ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik serta besar pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran, yakni penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif terhadap analisis hasil publikasi penelitian sebelumnya dengan teknik meta – analisis. Objek dalam penelitian adalah 5 artikel, yakni terdiri dari jurnal internasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2017 – 2021 pada google cendekia, Google Schoolar, Reaserch gate dan lainnya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis besaran pengaruh dengan menggunakan rumus Cohen’s effect size. Hasil penelitian : Penerapan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat dilihat dari aspek – aspek kemampuan berpikir kreatif yakni aspek kelancaran, keluwesan, keterincian, keaslian, elaborasi dan kepekaan masuk kedalam tahapan membandingkan dan mendiskusikan jawaban. Secara keseluruhan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan perolehan nilai effect size sebesar 0,906 pada kategori effek besar.
Kata kunci : Meta Analisis, Berpikir Kreatif, Pembelajaran Matematika Realistik
ABSTRACT
This research aims to describe: the application of realistic mathematical learning approaches as well as the large influence of realistic mathematical learning approaches on creative thinking skills. The methods used in this research are mixed research, namely qualitative research and quantitative research on the analysis of the results of previous research publications with meta-analysis techniques.The objects in the study were 5 articles, international journals published in the span of 2017 - 2021 on google scholar, Google Schoolar, Reaserch gate and others at the junior high school level. Data analysis techniques use influence magnitude analysis using Cohen's effect size formula. Research results: Application of students' mathematical creative thinking skills with realistic mathematical learning approaches can be seen from aspects of creative thinking skills, namely aspects of smoothness, flexibility, detail, authenticity, elaboration and sensitivity into the stage of comparing and discussing answers. Overall, realistic mathematical learning approaches can improve creative thinking skills with the acquisition of an effect size value of 0.906 in the large effectiveness category.
Keywords: Meta Analysis, Creative Thinking, Realistic Mathematical
Full Text:
PDFReferences
Hudoyo, H. (1988). Mengajar dan Belajar Matematika. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK
Ismunandar, D, Gunadi, F, Taufan, M, Ulyana, D, Runisah. (2020). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Palopo. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 No 2.
Juliani, R., Surya, E. (2021). Differences of Solid Students Mathematical Problems Through Resource Based Learning Approach on Material Systeem Equal Linear Two Variables in Class VIII SMP Private Muhammadiyah 2 Medan. Jurnal Karismatika, 7(1), 41-44.
Minarni, Ani dkk. (2020). Kemampuan Berpikir Mathematic dan Aspek Efektif Siswa, Medan : Harapan Cerdas Publisher.
Muhtadi, D & Sukirwan (2017). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik, Jurnal Mosharafa, Vol 6 No 1
Naibaho, A.J. (2019). Peningkatan Sikap Positif dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pendekatan RME Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar. Jurnal : EduMatSains, Vol 3 No 2.
Puspitasari, R.Y, & Airlanda. (2021). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal : Basicedu, Vol 5 No 2.
Rahman, A.F & Maslianti. (2016). Pengaruh Model Creative Solving (CPS) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal : Pendidikan Matematika, Vol 3 No 1.
Rismaratri, D & Nuryadi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Edukasi Matematikan dan Sains. Vol 5 No 2
Siregar, R.N, Mujib, A, Hasratuddin, Karnasih, I, (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal : Pendidikan, Vol 4 No 1, Hal 56-62
Srimarlina, N. (2021). Meta Analisis Jurnal Pengaruh Ragam Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self-Efficacy Siswa. Tesis. Program Studi Matematika. Universitas Negeri Medan. Medan
Suciati, R.D, Maulida, D, Tartilah, T.N, Fauziah, R.S, Iskandar, (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Sains dan Matematika. Vol 3 No 2 .
Surya, E., Purba, C., Syahputra, E., D Haris., Mukhtar, Sinaga, B. (2020) Batak Toba culture on mathematics learning process at Medan high school. Journal of Physics: Conference Series. 1613 (2020) 012063, doi:10.1088/1742- 6596/1613/1/012063
Utami, W dan Muhammad, I. (2019). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Palopo. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 No 2
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i2.34125
Article Metrics
Abstract view : 172 timesPDF - 184 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :