PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs AMALIYAH SUNGGAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII Mts Amaliyah Sunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII Mts Amaliyah Sunggal yang terdiri dari 6 kelas dan jumlah keseluruhan siswa kelas VIII sebanyak 187 siswa. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah melalui Simple Random Sampling dimana setiap kelas memiliki kesempatan yang sama menjadi sampel penelitian. Sampel dalam penelitian iniadalah kelas VIII-A yang berjumlah 31 siswa. Sebagai instrumen penelitian digunakan data pretest dan postest dalam bentuk tes isian pada maeri relasi dan fungsi, dimana masing-masing soal berjumlah 3 soal dan telah divalidasi oleh dosen dan guru matematika. Peneliti menggunakan uji regresi linier sederhana. Pada uji normalitas diperoleh signifikansi 0,074 > 0,05 berarti data berdistribusi normal. Pada uji regresi dilakukan uji keberartian ddan uji linearitas. Hasil uji keberartian, didapatkan Fhitung (12,47) > Ftabel (4,18) maka disimpulan koefisien regresi berarti. Hasil uji linearitas didapatkan signifikansi Fhitung (1,81) < Ftabel (2,75) maka terdapat hubungan yang linear. Untuk uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS, didapatkan signifikansi yaitu 0,001 < 0,05 dan pada pengujian dengan perhitungan maual didapatkan nilai rhitung (0,548) > rtabel (0,344) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di Mts Amaliyah Sunggal.
Kata kunci : Model Numbered Head Together, Kemampuan Komunikasi Matematis
ABSTRACT
The purpose of this study to determine the effect of the Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model on mathematical communication skill of eighth grade students of Mts Amaliyah Sunggal. The population in this study was the entire class VIII of Mts Amaliyah Su
nggal which consisted of 6 classes and the total number of class VIII students was 187 students. While the sampling in this study is through Simple Random Smpling where each class has the same opportunity to be the research sample. The sample in this study was class VIII-A, totaling 31 students. As a research instrument, pretest and posttest data were used in the form of a fill-in test on the relation and function material, where each question amounted to 3 questions and had been validated by lectturers and mathematics teacher. The researcher used a simple linear regression test. In the normality test, a significance of 0,074 > 0,05 was obtained, which means that the data is normally distributed. In the regression test, the significance test and linearity test were carried out. The result of the significance test, obtained Fcount (12,47) > Ftable (4,18) the it can be concluded that the regression coefficient is significant. The linearity test result obtained a significance of Fcount (1,81) < Ftable (2.75), so there is a linear relationship. To test the hypothesis using SPSS application, the significance is 0.001 < 0.05 and in the test with manual calculation, the value of rcount (0,548) > rtable (0,344) is obtained so that it can be concluded that there is an effect of the Numbered Head Together (NHT) model on mathematical communication skill students at Mts Amaliyah Sunggal.
Keywords: Numbered Head Together Model, Mathematical Communication
Ability
Full Text:
PDFReferences
Adi, Bobbi Rahman, dan Samsul Arifin.
Penerapan Model
Kooperatif Tipe Numbered Head
Together Untuk Meningkatkan
Kemampuan Komunikasi
Matematis Siswa SMP. Indonesia
Mathematics Education. Vol 2(2)
:117 – 126.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2017.
Mendesa in Model Pembelajaran
Inovatif, Progresif, dan
Kontekstual: Konsep, Landasan,
Implementasinya pada Kurikulum
(Kurikulum Tematik
Integratif/KTI). Jakarta: Kencana
Ega, Edelterus, Anton P, dan Sizilia
N. Mayangsari. 2020. Pengaruh
Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Number Head
Together (NHT) Terhadap
Kemampuan Komunikasi
Matematika Siswa. Jurnal
Penelitian & Pengkajian Ilmiah
Mahasiswa.Vol 1(1): 1-9
Kaya, Defne dan Hasan Aydin. 2016.
Elementary Mathematics
Teachers’ Perception and Lived
Ecperiences on Mathematical
Communication. Eurasia Journal
of Mathematics, Science, &
Technology Education. Vol 12(6):
-1629
Kristian, Agus. 2018. Pengaruh Model
Pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Di
Kelas IV SDN 4 Banda Aceh.
GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah
Pendidikan. Vol IX (2): 71 – 82
Lagur, Deutelina S, Alberta P. Makur, dan
Apolonia H. Ramda. 2018.
Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Numbered Head
Together Terhadap Kemampuan
Komunikasi Matematis. Jurnal
Pendidikan Matematika. Vol
(3): 357 – 368
Mardiana dan Intan Sundari.
Perbedaan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Number Head Together (NHT)
Dengan Think Talk Write
(TTW) Terhadap Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa
Kelas X SMK Negeri 2 Binjai
Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jurnal Seruna i Ilmu
Pendidikan. Vol 5(1): 26 – 34
NCTM. 2000. Principles and Standards
for School Mathematics. United
State of America : The National
Council of Teachers of
Mathematics, Inc.
Siregar, Budi Halomoan, Ade Andriani,
dan Kairuddin. 2018. Strategi
Belajar Matematika. Medan:
Unimed Press
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i2.34156
Article Metrics
Abstract view : 89 timesPDF - 115 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :