PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs AMALIYAH SUNGGAL

Anisya Br Sitepu, Katrina Samosir .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII Mts Amaliyah Sunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII Mts Amaliyah Sunggal yang terdiri dari 6 kelas dan jumlah keseluruhan siswa kelas VIII sebanyak 187 siswa. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah melalui Simple Random Sampling dimana setiap kelas memiliki kesempatan yang sama menjadi sampel penelitian. Sampel dalam penelitian iniadalah kelas VIII-A yang berjumlah 31 siswa. Sebagai instrumen penelitian digunakan data pretest dan postest dalam bentuk tes isian pada maeri relasi dan fungsi, dimana masing-masing soal berjumlah 3 soal dan telah divalidasi oleh dosen dan guru matematika. Peneliti menggunakan uji regresi linier sederhana. Pada uji normalitas diperoleh signifikansi 0,074 > 0,05 berarti data berdistribusi normal. Pada uji regresi dilakukan uji keberartian ddan uji linearitas. Hasil uji keberartian, didapatkan Fhitung (12,47) > Ftabel (4,18) maka disimpulan koefisien regresi berarti. Hasil uji linearitas didapatkan signifikansi Fhitung (1,81) < Ftabel (2,75) maka terdapat hubungan yang linear. Untuk uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS, didapatkan signifikansi yaitu 0,001 < 0,05 dan pada pengujian dengan perhitungan maual didapatkan nilai rhitung (0,548) > rtabel (0,344) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di Mts Amaliyah Sunggal.

Kata kunci : Model Numbered Head Together, Kemampuan Komunikasi Matematis

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study to determine the effect of the Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model on mathematical communication skill of eighth grade students of Mts Amaliyah Sunggal. The population in this study was the entire class VIII of Mts Amaliyah Su

nggal which consisted of 6 classes and the total number of class VIII students was 187 students. While the sampling in this study is through Simple Random Smpling where each class has the same opportunity to be the research sample. The sample in this study was class VIII-A, totaling 31 students. As a research instrument, pretest and posttest data were used in the form of a fill-in test on the relation and function material, where each question amounted to 3 questions and had been validated by lectturers and mathematics teacher. The researcher used a simple linear regression test. In the normality test, a significance of 0,074 > 0,05 was obtained, which means that the data is normally distributed. In the regression test, the significance test and linearity test were carried out. The result of the significance test, obtained Fcount (12,47) > Ftable (4,18) the it can be concluded that the regression coefficient is significant. The linearity test result obtained a significance of Fcount (1,81) < Ftable (2.75), so there is a linear relationship. To test the hypothesis using SPSS application, the significance is 0.001 < 0.05 and in the test with manual calculation, the value of rcount (0,548) > rtable (0,344) is obtained so that it can be concluded that there is an effect of the Numbered Head Together (NHT) model on mathematical communication skill students at Mts Amaliyah Sunggal.

 

Keywords: Numbered Head Together Model, Mathematical Communication

      Ability


Full Text:

PDF

References


Adi, Bobbi Rahman, dan Samsul Arifin.

Penerapan Model

Kooperatif Tipe Numbered Head

Together Untuk Meningkatkan

Kemampuan Komunikasi

Matematis Siswa SMP. Indonesia

Mathematics Education. Vol 2(2)

:117 – 126.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2017.

Mendesa in Model Pembelajaran

Inovatif, Progresif, dan

Kontekstual: Konsep, Landasan,

Implementasinya pada Kurikulum

(Kurikulum Tematik

Integratif/KTI). Jakarta: Kencana

Ega, Edelterus, Anton P, dan Sizilia

N. Mayangsari. 2020. Pengaruh

Penerapan Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Number Head

Together (NHT) Terhadap

Kemampuan Komunikasi

Matematika Siswa. Jurnal

Penelitian & Pengkajian Ilmiah

Mahasiswa.Vol 1(1): 1-9

Kaya, Defne dan Hasan Aydin. 2016.

Elementary Mathematics

Teachers’ Perception and Lived

Ecperiences on Mathematical

Communication. Eurasia Journal

of Mathematics, Science, &

Technology Education. Vol 12(6):

-1629

Kristian, Agus. 2018. Pengaruh Model

Pembelajaran Numbered Head

Together (NHT) Terhadap Hasil

Belajar Matematika Siswa Di

Kelas IV SDN 4 Banda Aceh.

GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah

Pendidikan. Vol IX (2): 71 – 82

Lagur, Deutelina S, Alberta P. Makur, dan

Apolonia H. Ramda. 2018.

Pengaruh Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Numbered Head

Together Terhadap Kemampuan

Komunikasi Matematis. Jurnal

Pendidikan Matematika. Vol

(3): 357 – 368

Mardiana dan Intan Sundari.

Perbedaan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Number Head Together (NHT)

Dengan Think Talk Write

(TTW) Terhadap Kemampuan

Komunikasi Matematis Siswa

Kelas X SMK Negeri 2 Binjai

Tahun Pelajaran 2018/2019.

Jurnal Seruna i Ilmu

Pendidikan. Vol 5(1): 26 – 34

NCTM. 2000. Principles and Standards

for School Mathematics. United

State of America : The National

Council of Teachers of

Mathematics, Inc.

Siregar, Budi Halomoan, Ade Andriani,

dan Kairuddin. 2018. Strategi

Belajar Matematika. Medan:

Unimed Press




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i2.34156

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter