PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan memiliki 5 tahap pengembangan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Sampel pada penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas VIII–3 SMP Swasta Katolik Budi Murni–2 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah layak dipergunakan sebagai media pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar terkhusus materi kubus dan balok, hal ini terlihat melalui hasil validasi materi dengan persentase 75% kategori layak dengan aspek penilaian materi, bahasan serta penelitian dan hasil validasi media dengan persentase 76,71% kategori layak dengan aspek penilaian tampilan, audio, isi, dan kemudahan penggunaan. Media yang dikembangkan juga praktis melalui hasil pengukuran kepraktisan dan memperoleh hasil 81,32% dengan kategori sangat praktis. Hasil pengukuran peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan tes dan memperoleh hasil 0,59 dengan kategori sedang menggunakan uji–gain. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Articulate Storyline 3 yang dikembangkan sudah layak dan praktis, dan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
ABSTRACT
The purpose this study to improve students' understanding of mathematical concepts. This study uses the ADDIE development model and has 5 stages of development, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The sample in this study was 30 students of class VIII-3, Budi Murni Catholic Private Junior High School-2 Medan. Data collection techniques used are observation, interviews, questionnaires and tests. From the results of the study, it shows that the learning media developed is feasible to be used as a learning medium in the material for building flat sides, especially for cubes and blocks, this can be seen through the results of material validation with a percentage of 75% in the appropriate category with aspects of material assessment, discussion and writing and results. media validation with a percentage of 76.71% eligible category with aspects of display, audio, content, and ease of use assessment. The media developed was also practical through the results of practicality measurements and obtained 81.32% results in the very practical category. The results of the measurement of increasing students' mathematical concept understanding abilities with tests and obtaining results of 0.59 in the medium category using the gain-test. From the results of the study, it can be concluded that the Articulate Storyline 3 learning media developed is feasible and practical, and is able to improve students' understanding of mathematical concepts.
Full Text:
PDFReferences
Achyanadia, Septi. (2016). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas SDM. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 5(1). http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.486
Siregar, Nani Restati. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (224-232). Semarang: Universitas Gadjah Mada
Tegeh, I Made dan I Made Kirna. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidkan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA. Vol 11(1). http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145
Anggraeni, Sri Wulan., Yayan Alpian., Depi Prihamdani. & Euis Winarsih. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(6): 5313 – 5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i2.37196
Article Metrics
Abstract view : 256 timesPDF - 201 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :