PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Rosida Tampubolon ., Nurliani Manurung .

Abstract


Pendidikan saat ini tidak terlepas dari penggunaan alat teknologi yang mendukung kemajuan pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi adalah penggunaan media pembelajaran. Guru dapat berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif adalah dengan menggunakan software Articulate Storyline 3, Powtoon, Geogebra, dan CapCut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 7 Medan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Hal ini ditunjukkan dari hasil skor validasi ahli materi 82,22%, validasi ahli media 83,33% yang berada pada kategori “sangat layak”. Kepraktisan media oleh guru memperoleh persentase 84% dan skor kepraktisan oleh siswa 85,25% dengan kategori “sangat praktis”. Keefektifan media pembelajaran ditunjukkan oleh adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui soal pretest dan posttest dengan rata-rata peningkatan 33,4 sedangkan uji N-Gain menunjukkan peningkatakan sebesar 0,694 serta respon siswa sebesar 84%. Sehingga media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

 

Kata kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, kevalidan, kepraktisan, keefektifan, kemampuan pemecahan masalah matematis.

 

Abstrack

 

Education today is inseparable from the use of technological tools that support educational progress. One of the uses of technology is the use of learning media. Teachers can help in developing interactive multimedia-based learning media by using Articulate Storyline 3 software, Powtoon, Geogebra, and CapCut. The purpose of this research is to produce valid, practical, and effective interactive multimedia-based learning media. The subjects of this study were students of class VIII-7 SMP Negeri 7 Medan which accommodated 30 students. This study uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The results showed that the interactive multimedia-based learning media developed was valid and feasible to use. This is shown from the results of the material expert validation score of 82.22%, the media expert validation of 83.33% which is in the "very feasible" category. The practicality of the media by the teacher obtained a percentage of 84% and the practicality score by students was 85.25% in the "very practical" category. The effectiveness of learning media is indicated by an increase in students' mathematical problem solving skills through pretest and posttest questions, while the N-Gain test shows an increase of 0.694 and student responses of 84%. So that the interactive multimedia-based learning media developed is valid, practical and effective.

Keywords: learning media, interactive multimedia, validity, practicality, effectiveness, mathematical problem solving ability.


Full Text:

PDF

References


Alfiansyah, M.F., Adi, E.P., Soepriyanto, Y. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Dengan Fitur Feedback Untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(5): 22-31.

Amam, A. (2017). Penilaian Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori dan Riset Matematika,2(1): 39-46.

Farahdiba, Tarisha. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Statistika SMA Kelas XII Menggunakan Articulate Storyline 3. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 6(1): 169-183

Hidayat, W. & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika,2(1): 109 – 118

Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1), 62–71.

Novianti, D. A. (2015). Pengembangan Modul Akutansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Pendukung Implementasi K-13 di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan, 3(1): 1-8.

Nurrohman & Rusiyanto (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Praktik Pemesinan Pembuatan Roda Gigi Lurus. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(18): 61-66.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1): 19 – 34.

Prihamdani, D., Alpian, Y., Winarsih, E. & Anggraeni, S. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6): 5313-5327.

Putri, T.H., Makmuri, & Rohimah, S.T. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 15(1): 99-117.

Rinawati, R. & Ratu, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika,5(2): 1223-1237.

Rizqi, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual Powtoon Materi Pythagoras Untuk Siswa Kelas VIII Smp/Mts.

Rohani. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Aksioma, 11(1): 504-518.

Shoffa, S., Holisin, I., Palandi. F., Indriyani, D., Basith, D. Dkk. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Jawa Timur: CV. Agrapana Media.

Trianto. (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Utami, W.Z.S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Konsentrasi Dan Minat Belajar Siswa Tuna Grahita. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1): 76 – 87.

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan pendekatan problem base learning dalam implementasi kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2): 11–29.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemprograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreati




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i2.37198

Article Metrics

Abstract view : 346 times
PDF - 378 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter

slot gacor slot