PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUALUH SELATAN

Adinda Aulia Putri, Erlinawaty Simanjuntak .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open ended berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Selatan yaitu 34 siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi, tes yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) dan  dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas) dan Uji Hipotesis. Dan hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh harga thitung (2,098) setelah dibandingkan dengan ttabel (1,998), ternyata harga thitung (2,098) > ttabel (1,998) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti pendekatan open ended berbantuan video animasi efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Selatan.

 

Kata kunci: Pendekatan Open Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif, Video Animasi

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of an open-ended approach assisted by animated videos on the mathematical creative thinking skills of eighth grade students of SMP Negeri 2 Kualuh Selatan. This research is a quasi-experimental research. The sample in this study were students of class VIII of SMP Negeri 2 Kualuh Selatan, namely 34 students of class VIII-1 as the experimental class and 34 students of class VIII-2 as the control class. Data collection techniques using observation, tests, namely the initial test (pre-test) and the final test (post-test) and documentation. The data analysis technique used prerequisite tests (Normality Test and Homogeneity Test) and Hypothesis Testing. And the results of the research using hypothesis testing using t-test obtained the value of tcount (2,098) after being compared with ttable (1,998), it turns out that the price of tcount (2,098) > ttable (1,998) so Ha is accepted and H0 is rejected. This means that the open-ended approach assisted by animated videos is effective on the mathematical creative thinking skills of eighth grade students of SMP Negeri 2 Kualuh Selatan.


Full Text:

PDF

References


Amalia, D, A. (2015). Penerapan Model Elicting Activities Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 2, 38-48.

Dahlan, T. 2017. Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Kreatif Matematis Mahasiswa PGSD. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and education. 2 (1): 53-66.

Damayanti, H., S. 2018. Mathematical Creative Thinking Ability Of Junior High School Students in Solving Oven Ended Problem. Journal of Research and Advances in Mathematics Education. 3 (1): 36-45

Jannah., M. 2019. Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 8, No.2.

Muhsinin. (2013). Pendekatan Open Ended Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Edu Math; Vol. 4, 46-59.

Mursidik. Samsiah, Rudyanto. 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau Dari Timgkat Kemampuan Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Pedagogia. 4(1): 23-33.

Nasution, P. R., Surya, E., & Syahputra, E. (2015). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan. Paradigma Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 38-51.

Pawestri. 2017. Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII di MTs AL-Falah Cikampek. Sesiomadika. 285-292.

Permanasarai, V., Sugiarto, B., Kurniawati, I. 2013. Efektivitas Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada materi Trigonometri Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No.1, 31-38

Riani, P., Surya, E., Syahputra, E. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Mathematis dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbabasis Masalah Dan Pembelajaran Konvensional Di Smpn 4 Padangsidimpuan. Jurnal Paradikma, Vol. 8, No 3.

Rohayati, Dahlan, Jarnawi, Nurjanah , 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Pengajaran MIPA, 7(1): 34-41.

Rosita, A, Surya, E. 2016. Pengaruh Pendektan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Di Sma Artarikta Sidoarjo. Jurnal Buana Matematika, Vol. 6 No.2

Sari, D.P. Syahputra, E., Surya, E. An Analysis of Spatial Ability and Self-Eficacy of Students in Cooperative Learning by Using Jigsaw at SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran. American Journal of Education Research, 6(8), 1238-1244.

Simbolon, M., Mulyono, Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Efforts to Improving the Mathematical Critical Thinking Student’s Ability through Problem Solving Learning Strategy by Using Macromedia Flash. America Journal of Educational Research, 5(7), 725–731.

Telaumbanua, Y. N., Sinaga, B., Mukhtar, & Surya, E. (2017). Development of Mathematics Module Based on Metakognitive Strategy in Improving Students' Mathematical Problem Solving Ability High School. Journal of Education and Practice, 8(19), 73-80.

Waluyo, Surya E. (2017). Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif.

Yenni, Silvi E. 2017. Optimalisai Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Everyone is a Teacher Here. 1(2): 334.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i2.39062

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter