PENGARUH.PENGGUNAAN PROGRAM.GEOGEBRA TERHADAP PENALARAN.SISWA.DALAM.MATERI. MENENTUKAN.JARAK TITIK.KE.GARIS PADA RUANG. DIMENSI.TIGA.UNTUK SISWA KELAS.X.MAN.2.TAPANULI.TENGAH

Mila Sari Tanjung, Edy Surya .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan penalaran siswa dengan menggunakan program geogebra dan kemampuan penalaran siswa tanpa menggunakan program geogebra. Penelitian eksperimen adalah salah satu penelitian kuantitatif dimana peneliti memanipulasi satu atau lebih variable bebas, mengontrol variabel lain yang relevan, dan mengamati efek dari manipulasi pada variabel terikat. Siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA1 (kelas eksperimen) dan X-IPA2 (kelas kontrol) yang berjumlah masing-masing 36 siswa. Lembar tes kemampuan penalaran digunakan untuk mengumpulkan data. Tes kemampuan penalaran dilaksanakan dua kali yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan program geogebra yang sering disebut dengan PreTest dan PostTest. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan program geogebra  berpengaruh terhadap penalaran siswa, hal ini disebabkan program geogebra mempermudah siswa membayangkan bentuk ruang dimensi tiga secara nyata, diperkuat dengan hasil nilai signifikasi lebih kecil dari nilai alpha (0,05). Selain itu, terdapat perbedaan secara signifikan antara kemampuan penalaran siswa dengan menggunakan program Geogebra dan kemampuan penalaran siswa tanpa menggunakan program Geogebra, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,001 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Penggunaan program geogebra berpengaruh terhadap penalaran siswa dalam materi menentukan jarak titik ke garis pada ruang dimensi tiga untuk siswa kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah, sesuai dengan temuan penelitian.

 

Kata Kunci : Penalaran Siswa, Program Geogebra, Ruang Dimensi Tiga

 

 

Abstract

The purpose of this study was to see whether there was a significant difference between students' reasoning abilities using the geogebra program and students' reasoning abilities without using the geogebra program. Experimental research is a quantitative research in which the researcher manipulates one or more independent variables, controls for other relevant variables, and observes the effect of the manipulation on the dependent variable. The students in this study were students of class X-IPA1 (experimental class) and X-IPA2 (control class) with a total of 36 students each. The reasoning ability test sheet was used to collect data. The reasoning ability test is carried out twice, namely before and after learning using the Geogebra program which is often called PreTest and PostTest. The findings of this study indicate that the use of the geogebra program affects students' reasoning, this is because the geogebra program makes it easier for students to imagine the shape of a three-dimensional space in real terms, reinforced by the results of a significance value smaller than the alpha value (0.05). In addition, there is a significant difference between students' reasoning abilities using the Geogebra program and students' reasoning abilities without using the Geogebra program, this can be seen from the results of a significance value (2 tailed) of 0.001 which means the value is smaller than 0.05 then H0 rejected and Ha accepted. The use of the geogebra program affects students' reasoning in determining the distance from a point to a line in three-dimensional space for class X students of MAN 2 Tapanuli Tengah, according to research findings.


Full Text:

PDF

References


Amalia, P. dan Sura, E. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Statistika antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan TPS. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, Vol. 8, No. 1, 8-14.

Aprienti, Maika. (2020). Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi. Jambi : Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung : Rineka Cipta

Ekayani, N. L. P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Ganesha University of Education. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/315105651

Falahuddin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Lingkar Widyaiswara.

Faudiyah, Q.A. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer untuk Materi Dimensi Tiga pada Pembelajaran Matematika SMA Kelas X. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hajizah, Nur. (2017). Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran di Kelas VII SMP Negeri 4 Palembang. Doctoral Dissertation UIN Raden Fatah Palmebang.

Helmiati. (2012). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Hidayat, B., dkk. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Ruang Dimensi Tiga ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi. 1(1): 39-46.

Hohenwarter, M, dkk. (2008). Geogebra Help Official Manual 3.0. https://archive. Geogebra.org/source/translation/help/old_docuenfileas/docuen30.doc. Diakses pada 22 Maret 2022

Izzah, K.H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal Of Education Research and Review. 2(2) : 210-218

Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar. Bogor : Ghalia Indonesia

Krismanto, A. (2008). Pembelajaran Sudut dan Jarak Dalam Ruang Dimensi Tiga. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta : CV Budi Utama

Kusumawardani, D.Y., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA. 588-595

Lembang, S.T., & Natsir, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Software Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Makale. Musamus Journal Of Mathematics Education, 2 (2), 74-81.

Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program Geogebra. Makalah. Dalam: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 27 Nopember

Maxrizal. (2010). Penggunaan Software Geogebra dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Segiempat Bagi Siswa Kelas VIIC SMPN 2 Depok. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Muhyi, Muhammad. (2018). Metodologi Penelitian. Surbaya : Adi Buana University Press

Nopiyanti, N. L. P. A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Keterlibatan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII. Hasil Penelitian. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. https://media.neliti.com/media/publications/102642ID-pengembangan-perangkat-pembelajaran-geom.pdf. Diakses pada 18 Maret 2022.

Nurhayati, Susiana dkk. (2013). Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan. MATHEdunesa. 2(1) : 4-9

Prayitno, dkk. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika SMP Berbantuan Software Geogebra dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 2 Pucakwangi. Prosiding. Dalam: Mathematics and Sciences Forum (2014). ISBN 978-602-0960-00-5. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/masif(2014)/masif(2014)/paper/vie w/513/449. Diakses pada 18 Maret 2022.

Putri, dkk. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal Of Elementary Education. 3 (3) : 351-357

Putri, N. W. S., dkk. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tandur Berbantuan Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Geometri Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika. Vol 3. https://media.neliti.com/media/publications/103046-ID-pengembanganperangkat-pembelajaran-tand.pdf. Diakses pada 18 Maret 2022.

Qodri, Hamid. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Penalaran Siswa Menggunakan Geogebra (PTK Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Tahun 2014/2015). Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahmadi, A., dkk. (2015). Studi Literatur Pembelajaran Matematika Menggunakan Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. 49-56

Riduwan. (2006). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta

Rukminingsih. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Erhaka Utama

Rusmawati, P. H., dkk. (2012). Desain Lembar Kerja Siswa Dengan Pemanfaatan Program Geogebra Melalui Demonstrasi Pada Meteri Kesebangunan di Kelas IX SMP Negeri 2 Jetis Bantul. Prosiding. Dalam : Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 10 November. ISBN : 978-979-16353-8-7. http://eprints.uny.ac.id/10074/1/P%20-%2071.pdf. Diakses pada 18 maret 2022.

Safrina, K., dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika._ISSN_:_2355-4185. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/download/1333/1214. Diakses pada 23 Mei 2018.

Sari, N. L. I. (2012). Asyiknya Belajar Bangun Ruang Sisi Datar. Jakarta : PT Balai Pustaka.

Sari,D.P. Syahputra, E. Surya, E. (2018). An Analysis of Spatial Ability and Self-efficacy of Students in Cooperative Learning by Using Jigsaw at Smas Muhammadiyah 8 Kisaran, American Journal of Educational Research 6 (8), 1238-1244

Semiawan,C.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta : Grasindo.

Setiawan, T.H. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Santika Unpam. 1(1) : 56-73

Shadiq, F. (2009). Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Sholikhah, O. H. & Pradana, L. N. (2018). Geometri Untuk Pendidikan Dasar. Jakarta : CV AE Media Grafika.

Shulhany, A., dkk. (2014). Abstraksi Siswa SLTA pada Materi Dimensi Tiga dengan Bantuan Geogebra. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM) Untirta. 7(2): 31-42.

Simbolon, M., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The efforts to improving the mathematical critical thinking student’s ability through problem solving learning strategy by using macromedia flash. America Journal of Educational Research, 5(7), 725–731.

Siswanto. (2015). Matematika Untuk Kelas X SMA dan MA. Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Siswanto, Retno. (2014). Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Melalui Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Software Geogebra (Studi Eksperimen di SMAN 1 Cikulur Kabupaten Lebak Provinsi Banten). Jurnal Pendidikan dan Keguruan. 1(1) : 42-46

Siregar, Evelinie & Nara, Hartini. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia

Siregar, syofian (2015).Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana

Sudijono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Garindo Persada

Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Roksadakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suherman, E. (2001). Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta. Bumi Aksara.

Sumartini, Tina Sri. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1) : 1-9

Supriadi, N., dkk. (2014). Developing High-order Mathematical Thinking Competency On High School Students’ Through Geogebra-Assisted Blended Learning. Mathematical Theory and Modeling. 4(6). 57-66

Surapranata, Sumarma. (2004). Analisis Validitas Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung : Remaja Roksadakarya

Susatri, Hamadi. (2014). Pengaruh Penggunaan Geogebra Dalam Pembelajaran Geometri Model Pace Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Malang.

Suwarno. (2012). Media Pembelajaran Matematika dengan Geogebra (Topik Dimensi Tiga). Buletin STKIP Surya. Edisi 1. http://www.stkipsurya.ac.id/download/Suryakanta/Suryakanta-Edisi1vol1.pdf. Diakses pada 18 Maret 2022.

Syahbana, A. 2017. Belajar Menguasai GeogebraPalembang: Noer Fikri

Titisari, F.N. (2017). Efektivitas Penggunaan Program Geogebra Pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar dikelas X SMA BOPKRI 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma

Triton, Prawira Budi. (2006). SPSS 13.0 Terapan Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta : C.V Andi Offset

Umar. (2015). Peran Teknologi Bagi Kemajuan Pendidikan. [Online]. Tersedia: http://www.kompasiana.com/umar_2 5/peran-teknologi-bagi kemajuanpendidikan_5528b0af1612c7c8b45a3 . [24 Juni 2015].

Uno, H.B. (2011). “Teori Motivasi dan Pengukurannya”. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wess, D. (2009). Geogebra. Bandung: UPI.

Yanti, S & Surya, E. (2017) Kemandirian Belajar dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran. https://www.researchgate.net/publication/ 321833928.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i3.39414

Article Metrics

Abstract view : 151 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter