Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Berbantuan Software Geogebra
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelas VII SMP Negeri 5 Binjai yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Binjai yang terdiri dari 7 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dan kelas VII-4 sebanyak 52 siswa. Kelas VII-2 diajar menggunakan model kooperatif tipe Make a Match dan kelas VII-4 diajar menggunakan model aktif tipe Index Card Match. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data yang digunakan adalah tes PAM yang diambil dari 15 butir soal UN Sekolah Dasar dan postest berbentuk uraian sebanyak 5 soal untuk melihat hasil belajar matematika siswa. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Chi Square dan homogenitas tes menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes PAM kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match adalah 75,68 dengan simpangan baku 4,90 dan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diberi model pembelajaran aktif tipe Index Card Match adalah 70,53 dengan simpangan baku 5,85. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,43875 dan ttabel = 2,01. Ternyata thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match berbantuan Software Geogebra.
Kata kunci: hasil belajar, make a match, index card match, geogebra
ABSTRACT
This study aims to determine whether there are differences in learning outcomes between students of class VII SMP Negeri 5 Binjai who was taught using cooperative learning model type Make a Match by using the model of active learning type Index Card Match. The population in this research is all students of class VII of SMP Negeri 5 Binjai which consists of 7 classes and the sample in this research are students of class VII-2 and class VII-4 as many as 52 students. Class VII-2 was taught using a Make a Match type of cooperative model and VII-4 classes were taught using an active model of Index Card Match type. This type of research is a pseudo experiment. The data used is the PAM test taken from 15 items of UN Primary School and postest in the form of a description of 5 questions to see the students' mathematics learning outcomes. Before testing the hypothesis first tested the normality of the test by using Chi Square test and the homogeneity of the test using the F test. From the test it was obtained that the results of the PAM test of both samples came from a population of normal and homogeneous distribution, thus the authors can give treatment to both samples. From the results of data analysis obtained the average value of mathematics learning outcomes of students who are given a model of cooperative learning type Make a Match is 75.68 with standard deviation 4.90 and the average of mathematics learning outcomes of students who are given an active model of learning type Index Card Match is 70.53 with standard deviation 5.85. To test the hypothesis used t test, from the calculation results obtained tcount = 3.43875 and ttabel = 2.01. Apparently thitung> ttabel, so Ho is rejected and Ha accepted so that obtained the conclusion that there is a difference between mathematics learning outcomes of students who are taught with cooperative learning model type Make a Match and active learning model type Index Card Match Software Geogebra.
Keywords: study results, make a match, index card match, geogebra
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S, (2013), Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.
Hudojo, H., (2005), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, UM Press, Malang.
Sapawardi, L. (2015). Pengaruh Cooperative Learning tipe Make A Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8. No. 1. ISSN 2085-5893.
Siregar, A. Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Himpunan Di Kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan T.A 2014/201. Medan: FMIPA UNIMED.
Slavin, R.E, (2005), Cooperative Learning, Teori Riset dan Praktik, Nusa Media, Bandung.
Suherman, E., & Winaraputra, Udin S. (1999), Strategi Belajar Mengajar Matematika PAMA 3211 3 SKS/Modul. Jakarta: UT.
Surya, E. (2009). Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Berbasis Masalah Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4 (1), 14-17.
Surya, E. Putri, F.A. and Mukhtar. 2017. Improving Mahematical Problem Solving Ability and Self-Confidence of High School Students Through Contextual Learning Model. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 8(1), 85-94.
Susanto, A., (2013), Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Prenada Media Group, Jakarta.
Trianto, (2010), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana Prenada Media Group, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8793
Article Metrics
Abstract view : 342 timesPDF - 280 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :