Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning di Kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan

Rabithah Hasibuan, Bornok Sinaga

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learning di kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Dicovery Learning, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 8 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G (kelas eksperimen I) sebanyak 31 orang dan kelas VIII-H (kelas eksperimen II) sebanyak 31 orang. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil pretest kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data pretest-posttes dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,955 > 1,677sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learning di kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan.

 

Kata kunci : Kemampuan pemecahan masalah, , model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning.

Abstract

This study aims to determine the problem solving ability of mathematics students using Problem Based Learning model of learning is better than the model of learning Discovery Learning in class VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. This research is a quasi-experimental research with pretest-posttest Control Group Design design. The variables of this study consisted of independent variables, namely the use of Problem Based Learning and Dicovery Learning, while the dependent variable is the students' math problem solving abilities. The population in this study is all students of class VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan consisting of 8 classes, while the sample in this study were students of class VIII-G (experiment class I) as many as 31 people and class VIII-H (Experiment class II) as many as 31 people. Research instruments in data collection are test and observation sheet. Before testing the hypothesis first tested the normality of data by using Liliefors test and homogeneity of data using F test. From the test it was obtained that the pretest results of both samples distributed normal and homogeneous, thus the authors can provide treatment to both samples. From result of analysis of pretest-posttes data by using t-test at α = 0,05 obtained t count> ttable that is 1,955> 1,677 so that H0 refused and Ha accepted. Then it can be concluded that the problem solving ability of mathematics students using Problem Based Learning model is better than Discovery Learning model in class VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Keywords: Problem solving abilities, Problem Based Learning and Discovery Learning   model

Full Text:

PDF

References


Balim, A. G., (2009), The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills, Egitim Arastirmalaria-Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1-20.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Mansor, A.N., Abdullah, N.O., Wahab, J.A., Rasul, M.S., Nor, M.Y.M., Nor, N.M., dan Raof, R.A.Managing.,(2015) Problem-Based Learning: Challenges and Solution for Educational Practice. Asian Social Science; Vol. 11, No. 4; 2015 ISSN 1911-2017 E-ISSN 1911-2025, 2013.

Muller, Eric, dan Burkhardt, H. 2007.Application And Modelling For Mathematics.

Ngalimun. 2014.Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Padmavathy, R.D, dan K, Maaresh.Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal. ISSN 2277-4262, 2013. Permendikbud,(2014),Pedoman Penskoran Pemecahan Masalah Matematik.

Peterson, S.,(2004), Problem based learning and management development Empirical and theoretical considerations, Journal 13, 249-259

Renesse, C.V., dan Ecke, V.Inquiry-Based Learning and the Art of Mathematical Discourse. PRIMUS. Vol. 25. Issue 3.

Sinaga, B.(2007). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBM-B3). Disertasi: PPs.Universitas Negeri Surabaya

Surya, E. (2009). Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Berbasis Masalah Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4 (1), 14-17.

Surya, E. 2010. Visual Thinking dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter Bangsa. Abmas UPI Bandung, Tahun 10 Nomor 10 Oktober 2010

Trianto., (2011), Mendesain Model Pembeajaran Inovatif-Progresif, Penerbit Kencana, Jakarta

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana Prenada Media Group, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8795

Article Metrics

Abstract view : 445 times
PDF - 543 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter