Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Tipe Two Stay Two Stray di Kelas VII SMP Negeri 22 Medan

Marojahan Panjaitan, Regen Rafael Alviandi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 dan kelas VIII-2 dengan banyak masing-masing siswa ada kelas yang diteliti 40 orang. Kelas VIII-4 diberi model pembelajaran TTW dan kelas VIII-2 diberi model pembelajaran TSTS. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal pre-tes dan post-tes yang bentuknya sama. Tes ini berbentuk essay test yang banyaknya 8 soal, sebelum tes kemampuan komunikasi diberikan kepada sampel terlebih dahulu tes divalidasi oleh validator. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil pretest dan postest di kelas VIII-4 secara berurutan adalah 54,60 dan 77,89. Hasil pretest dan posttest di kelas VIII-2 secara berurutan adalah 53,67 dan 71,32. Hasil pretest diuji t dua pihak dan didapat hasilnya bahwa kemampuan awal kedua kelas tersebut sama. Hasil ketuntasan kelas yang diberi model pembelajaran TTW adalah tuntas sedangkan   kelas yang diberi model pembelajaran TSTS tidak tuntas, hal ini ditunjukkan dari presentase ketuntasan kelas yang diberi TTW sebesar 85% sedangkan presentase ketuntasan kelas yang diberi TSTS hanya sebesar 55%. Pada uji hipotesis yang menggunakan uji t dengan menggunakan hasil dan postest di kedua kelas diperoleh 2,438 dan  =1,667. Karena , sehingga  ditolak dan  diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS..

Kata Kunci : eksperimen semu, Think Talk Write, Two Stay Two Stray

 

ABSTRACT

This research aims to determine whether the mathematical communication skills of students who are taught using cooperative learning model TTW type better than the mathematical communication skills of students who were taught by using cooperative learning model TSTS type in SMP Negeri 22 Medan.  The sample in this study Is a student of class VIII-4 and class VIII-2 with many of each students there is a class which researched 40 people. Class VIII-4 was given a TTW learning model and class VIII-2 was given a TSTS learning model. Instrument in this research is a matter of pre-test and post-test that same shape. This test is essay test that the number of 8 questions, before the test of communication ability is given to the sample test first validated by the validator. This type of research is a pseudo experiment. Data analysis technique used is normality test, homogeneity test and hypothesis test. The pretest and posttest results in Grade VIII-4 sequentially are 54.60 and 77.89. The results of pretest and posttest in class VIII-2 sequentially are 53.67 and 71.32. The pretest result is tested by two parties and the result is that the initial ability of the two classes is the same. The result of class completeness given by model of TTW learning is complete while class which given by model of TSTS learning is not complete, it is shown from percentage of completeness of class given TTW equal to 85% whereas percentage of completeness of class given TSTS only equal to 55%. In hypothesis test using t test by using result and postest in both classes obtained 2,438 and   =1,667. Because , so  rejected and accepted so that obtained by conclusion that mathematical communication ability of student who taught by using cooperative learning model of TTW type better than mathematical communication ability of student taught by using cooperative learning model TSTS type in SMP Negeri 22 Medan.

Keywords : Quasi Experiments, Think Talk Write, Two Stay Two Stray 

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, M., (2010), Pendidikan Bagi Anak Berkusilatan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta

Amalia, E. Surya, E., Syahputra, E. (2017). The Effectiveness of Using Problem Based Learning (PBL) in Mathematics Problem Solving Ability For Junior High School Students. International Journal of Advanced Research and Innovative Ideas in Education. 3(2), 3402-3406.

Ansari, Bansu I., (2016), Komunikasi Matematik (Konsep dan Aplikasi), Pena, Banda Aceh

Fachrurazi, (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar, Forum Penelitian Edisi Khusus No. 1: 76-89

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2011), Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan FMIPA UNIMED, FMIPA UNIMED, Medan

Huda, Miftahul, (2014), Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Pustaka Belajar, Yogyakarta

Isjoni, (2009), Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok, Alfabeta, Pekanbaru

Istarani, (2011), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan

Izzati, Nur, dan Suryadi, Didi, (2010), Komunikasi Matematik Dan Pendidikan Matematika Realistik, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, UNY, 27 November 2010, ISBN: 978-979-16353-5-6, 721-729.

Mayasari, Dian., (2015), Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015, ISBN : 978.602.361.002.0

Muzayyanah, Arifah, (2009), Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) di SMA Negeri 1 Godean, Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah, Yogyakarta, FMIPA UNY, 6 Desember 2009, ISBN: 978-979-16353-4-9, 300-318.

Nartani, C. A., Rasidah, A. H. & Yohana, S., (2015), Communication in Mathematics Contextual, International Journal of Innovation and Research in Educational Science Vol. 2 Issue 4, ISSN : 2349-5219

Ningsih, Candra N., (2014), Efektivitas Model Pembelajaran Think-Talk-Write dalam Miningkatkan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika, Jurnal Pendidikan MAtematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, Vol. 3, No. 2 (2014) 89-94, ISSN 2442-5419

Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni, (2008), Matematika 1: Konsep dan Aplikasinya untuk Kelas VII SMP/MTs, Jakarta, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Nurjaman, Adi, (2015), Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS),Vol 9, No. 1: 1-9, ISSN 1978-5089

Rachmayani, Dwi, (2014), Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa, Jurnal Pendidikan UNSIKA Vol 2 No. 1, ISSN: 2338-2996, 13-24.

Sinaga, Bornok, (2014), Buku Siswa Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII, Jakarta, Kemendikbud

Siregar, Dison P., (2015), Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Muara T.A. 2014/2015, Skripsi, FMIPA UNIMED, Medan

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta

Sudjana, Nana, (2009), Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung

Sugiono, (2016), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Suhaedi, Didi, (2012), Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, FMIPA UNY, 10 Desember 2012, ISBN: 978-979-16353-8-7, 191-202.

Surya, E. (2013) , Peningkatan Kemampuan Representasi Visual Thinking pada Pemecahan Masalah Matematis dan kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Konstekstual , S3 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Surya, E. and Syahputra, E. 2017. Improving High-Level Thinking Skills by Development of Learning PBL Approach on The Learning Mathematics for Senior High School Students. International Education Studies, 10(8), 12-20.

Tinungki, G. M., (2015) The Role of Cooperative Learning Type Team Assited Individualization to Improve the Student Mathematics Communicatin Ability in the Subject of Probality Theory, Jornal Of Education and Practice Vol. 6 No. 32, ISSN 2222-288X

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran inovatif-progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8796

Article Metrics

Abstract view : 391 times
PDF - 426 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter