Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal dengan Think Pair Share di SMP Swasta Imelda Medan

Sri Wahyuni Tampubolon, Edi Syahputra

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan model pembelajaran kooperratif tipe Think Pair Share pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Swata Imelda Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Swasta Imelda Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 136 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen 1 yang berjumlah 30 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah tes kemampuan berpikir kreatif yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif kooperratif tipe Think Pair Share diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 34,375 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 25,368. Hasil uji t 2 arah dengan dk = 62 dan a = 0,05, diperoleh thitung = 2,073 dan ttabel = 1,669 sehingga - ttabel < thitung< ttabel yaitu  maka Ha diterima, dengan demikian  diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan model pembelajaran kooperratif tipe Think Pair Share pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Swata Imelda Medan T.A 2016/2017.

 

Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal, Think Pair Share, berpikir kreatif

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

This study aims to see that there are differences in the improvement of students' mathematical creative thinking ability using cooperative learning model type greeting and problem with cooperative learning model Think Pair Share type on surface and volume material of cube and beam in class VIII SMP Swata Imelda Medan TA 2016 / 2017. The research is a quasi-experiment. The population in this study is all students of class VIII Semester II of Private Junior High School Imelda Medan consisting of 4 classes with total students 136 people. Sampling is done by simple random sampling by taking 2 classes from 4 classes randomly, that is experiment class 1 which is 30 people and experiment 2 class which is 34 people. The instrument used to determine students' mathematical creative thinking ability is a test of creative thinking ability that has been validated in the form of a description. From the results of the research given different treatment, experimental class 1 with cooperative learning model type send greetings and the problem and experiment class 2 with cooperative cooperative learning model Think Pair Share type obtained average grade experiment 1 of 34.375 and the average grade Experiment 2 of 25,368. Result of t test 2 direction with dk = 62 and a = 0,05, obtained tcount = 2.073 and ttable = 1,669 so - ttable <t count <ttabel that is -1,669 <2,073 <1,669 then Ha is accepted, thus obtained the conclusion that there are differences in the improvement of students' mathematical creative thinking ability using cooperative learning model type send greetings and problems with cooperative learning model Think Pair Share type on surface material and volume of cube and beam in class VIII SMP Swata Imelda Medan FY 2016/2017.

 

Keywords : Cooperative learning model type sends regards and matter, Think Pair Share, creative thinking

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agus, N.A., (2008), Mudah Belajar Matematika Untuk Kelas VIII, Pusat Perbukuan, Jakarta.

Amalia,Y.,Duskri, M., Ahmad, A., (2015), Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika Vol 2 : 2355-4185

Asmani, J.M., (2016), Tips Efektif Cooperative Learning, DIVA Press, Yogyakarta

Azhari, Somakim, (2013), Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 7 No 2.

Bungin, B., (2011), Penelitian Kuantitatif, Kencana, Jakarta

Dewi, I., dan Lisiani, S., (2015), Upaya Meningkatkan Kreativitas Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Terbuka Medan dengan Menggunakan Modul Model Learning cycle, Jurnal Didaktik Matematika 2 : 2355-4185.

Duha, A.K.,Yerizon, Suherman, (2012), Penerapan Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep, Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1.

Fajriah, N,. Asiskawati, E., (2015), Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP, EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3 Nomor 2.

Fathurrohman, M., (2015), Model-Model Pembelajaran Inovatif, Ar- ruzz Media, Jogjakarta.

Fatonah, S., Prasetyo. Z.K., (2014), Pembelajaran Sains, Ombak, Jogjakarta

Hamah, A., Muhlisrarini, (2014), Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, Rajagrafindo Persada, Jogjakarta.

Hendriana, H., Soemarmono, U., (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama, Bandung.

Lestari, K.E., Yudhanegara, M.R., (2015), Penelitian Pendidikan Matematika, Refika Aditama, Bandung.

Nisa, R., Musdi E., Jazwinarti, (2014), Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Matematika di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang, Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3 No.1

Nurlela, L., Ismayati, E., (2015), Strategi Belajar Berpikir Kreatif, Ombak, Bandung.

Prasetiyo, A.D., Mubarokah, L., Berpikir Kreatif Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Matematika (Studen’s Creative thinking in the Aplication of Mathematical Problems Based Learning), Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo : 2337-8166 Vol.2 No.1

Raba, A. A.A., (2017), The Influence of Think-Pair-Share (TPS) on Improving Students’ Oral Communication Skills in EFL Classrooms, Scientific Research Publishing 8: 2152-4771.

Rahadian, S., Yerizon, Arnellius, (2012), Penerapan Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika, part 3. Vol.1 No.1

Rosita, Leonard, - , Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Jurnal Formatif 3 : 2088-351X

Shadiq,F., (2014), Strategi Pemodelan pada Pemecahan Masalah Matematika, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Siswono, T.Y.E., (2011), Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics, Educational Research and review Vol 6 : 1990-3839.

Sriwongchai, A., Jantharajit, N., and Chookhampaeng, S., (2015), Developing the Mathematics Learning Management Model for Improving creative Thinking in Thailand, International Education Studies vol 8: 1913-9039.

Sudijono. A., (2012), Statistik Pendidikan. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Sudjana, (2005), Metoda Statistika, Tarsito, Jakarta.

Sugiharti, E., and Suyitno, A.,(2015), Improving of Problem Solving Ability of Senior High School Strudents Through Aplication of TPS Based on E-learning in Mathematics Lesson, International Journal of Education and Research 3 : 2201-6740.

Suharjito, D., (2014), Pengantar Metodologi Penelitian, IPB Press, Jakarta.

Suryani, N., Agung, L.A., (2012), Strategi Belajar-Mengajar, Ombak, Jakarta.

Suryani, Hendryani, (2015), Metode Riset Kuantitatif : Teori dan Aplikasi ada Penelitian Bidang Manajeman dan Ekonomi Islam, Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta.

Tint, S.S., and Nyunt, E.E., (2015), Collaborative Learning With Think-Pair-Share Technique, CAIJ vol.2, no.1.

Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana Predana Media Group, Jakarta.

Triyono, (2012), Metodologi Penelitian Pendidikan, Ombak, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8797

Article Metrics

Abstract view : 412 times
PDF - 392 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter