PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN

Nurhakiki . ., Katrina . Samosir

Abstract


ABSTRAK

Penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Medan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berbantuan GeoGebra dan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan GeoGebra di kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VII-B yang berjumlah 27 orang yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe STAD sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII-A yang berjumlah 24 orang yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe TGT sebagai kelas eksperimen II. Penentuan sampel dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematik siswa yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe STAD berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe TGT berbantuan GeoGebra pada materi jajargenjang dan belah ketupat, dengan  dan   pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 49. Karena  yaitu maka dapat disimpulkan bahwa  diterima yang berarti kemampuan penalaran matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan GeoGebra  lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan GeoGebra pada materi jajargenjang dan belah ketupat. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen I lebih tinggi daripada rata-rata nilai postes kelas eksperimen II yaitu 75,67 dengan standar deviasi  dan  dengan standar deviasi .

Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematik, Student Team Achievement Division, Teams Games Tournament, GeoGebra

 

ABSRACT

This study is conducted in SMP Muhammadiyah 3 Medan aims to know the difference of a mathematic reasoning ability by using cooperative learning model types Student Team Achievement Division and GeoGebra and cooperative learning model types Teams Games Tournament and GeoGebra in grade VII. The population of this study is all students grade VII SMP Muhammadiyah 3 Medan consistings of 7 classes. While the sample of this study is two classes namely grade VII-B consistings of 27 students whom got cooperative learning typed STAD as an experimental class I and grade VII-A consistings of 24 students whom got cooperative learning typed TGT as an experimental class II. The determination of the sample is randomly conducted. The instrument used in this study is essay test as many as 5 tests which are claimed valid. Based on the result of the study and testing the hypothesis can be concluded that students’ mathematic reasoning ability which get cooperative learning typed STAD and GeoGebra are higher than students who get cooperative learning typed TGT and GeoGebra at array and belah ketupat, tcount = 3,15 and ttable = 1,68 taraf nyata α = 0,05 dan dk = 49. Because  yaitu, thus can be concluded that  is accepted, means students’ mathematic reasoning ability who get cooperative learning model typed STAD and GeoGebra are higher than the students who get cooperative learning typed TGT and  GeoGebra at array and belah ketupat array. The average of experimental class I post-test is higher than the average of  experimental class II namely 75,67 and its deviation standard is   while  and its deviation standard is .     

Keywords : mathematic reasoning ability, Student Team Achievement Division, Teams Games Tournament, GeoGebra

a

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, M., (2003), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, S., (2009), Manajemen Penelitian, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Ainun, N., dkk., (2015), Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematika Siswa Madrasah Aliyah melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Jurnal Didaktik Matematika 2 : 71-83

Aryani, T., dan Septiati, E., (2011), Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMPN 7 Palembang, Prosiding Juni 2011.

Depdiknas., 2006, Permendiknas Nomor 22 Thun 2006 Tentang Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Depdiknaas, Jakarta.

Dewi, N., dkk., (2008), Matematika Konsep dan Aplikasi Untuk SMP & MTs Kelas VII, Pustaka Perbukuan, Dapartemen Pendidikan Nasional.

Djumanta, W., (2008), Mari Memahami Konsep Matematika Untuk Kelas VII, Pustaka Perbukuan, Dapartemen Pendidikan Nasional.

Hendriana, H. Dan Soemarmo, U., (2014), Penilaian Pembelajaran Matematika, PT Refika Aditama, Bandung.

Isjoni., (2009), Cooperative Learning, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Istarani., (2012), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan.

Lestari, K.E., dan Yudhanegara, M.R., (2015), Penelitian Pendidikan Matematika, PT Refika Aditama, Bandung.

Lie, A., (2002), Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, PT Grasindo, Jakarta.

Muharom, T., (2014), Pengaruh Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Jurnal Pendidikan 1: 1-11.

Nikmah, N., (2014), Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 12 Medan pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Investigasi, Skripsi, FMIPA, UNIMED.

Rosita, C.D., (2009), Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Ditingkatkan pada Mahasiswa, Jurnal Euclid 1 : 33-46.

Rusman., (2012), Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sanjaya, W., (2006), Strategi Pembelajaran Berorientasi Ssatndart Proses Pendidikan, Kencana Prenandamedia Group, Jakarta.

Shadiq, F., (2009), Kemahiran Matematika, Pusat Perkembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika, Yogyakarta.

Slavin, R. E., (2005), Cooperative Learning: Teori, Riset, Praktik, Penerbit Nusa Media, Bandung.

Sudjana., (2005), Metode Statistika, Tarsito, Bandung.

Sudjana., (2016), Metoda Statistika, Tarsito, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8882

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter