PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE TPS
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi aturan sinus dan cosinus. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIA SMA Negeri 3 Medan yang terbagi dalam 15 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang dipilih dengan teknik cluster sampling yaitu kelas X MIA-4 menjadi kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas X MIA-14 menjadi kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata posttest adalah 78,44 sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata posttest adalah 71,75. Setelah diuji terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (2,7347) > ttabel (1,6646) maka Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi aturan sinus dan cosinus.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, STAD, TPS
ABSTRACT
The aim of this study were to know whether the problem solving skills of mathematics students who learn by using STAD type cooperative learning model is higher than the ability of problem solving mathematics students who learn by using cooperative learning model of TPS type on the material rules of sinus and cosine. This type of research is a pseudo experiment with posttest Only Control Group Design research design. The population in this research is all students of X-MIA class X SMA Negeri 3 Medan which is divided into 15 classes and the research sample is 2 classes selected by cluster sampling technique that class X MIA-4 into experiment class 1 by using cooperative learning model type STAD and X class MIA-14 into experiment class 2 by using model of cooperative learning type of TPS. Before testing the hypothesis first tested the normality of the data by using the Liliefors test and homogeneity of data using the F test. After being given treatment in the experimental class 1 obtained the average value of posttest is 78.44 while in the experimental class 2 the average posttest value is 71.75 . After tested the data proved normal and homogeneous distribution. After the data proved to be normal and homogeneous distributions, hypothesis test is done to answer the research hypothesis by using the right side t test. From result of hypothesis test obtained tcount (2,7347) > ttable (1,6646) hence Ha accepted. Thus it is concluded that the problem solving ability of mathematics of students who learn by using STAD type cooperative learning model higher than the ability of problem solving mathematics students who learn by using model of cooperative learning TPS type on the material rules of sinus and cosine.
Keywords: Mathematics Problem Solving Ability, STAD, TPS
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, Mulyono., (2009), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Huda, Miftahul., (2011), Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, Dan Model Penerapan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Hudojo, Herman., (2005), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Universitas Negeri Malang, Malang.
Isjoni, (2009), Pembelajaran Kooperatif, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Istarani, (2011), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan.
Kholid, dkk., (2014), Learning Model Experimentation Of Student Team Achievement Division (STAD) And Think Pair Share (TPS) Of Assessment For Learning (AFL) Based, Proceeding of International Conference On Research Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014, ISBN 978-979-99314-8-1, Hal 355-362.
Kirkley, Jamie.. (2003), Principles for Teaching Problem Solving, Technical Paper #4, Plato Learning, Indiana University.
Kurniawan, Heru., (2015), Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan November 2015, ISBN: 978-979-3456-52-2, Hal 67-73.
Muhlisin, dkk., (2013), Keefektifan Pembelajaran Model TPS Berbantuan GSP Pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah, Unnes Journal of Mathematics Education, Vol. 1, No. 2, ISSN: 2252-6927, Hal 41-48.
Polya, G., (2001), How to Solve it A New Aspect of Mathematical Method Second Edition, Prentice Hall of India Private Limited, New Delhi.
Shoimin, Aris., (2016), 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.
Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8884
Article Metrics
Abstract view : 306 timesPDF - 290 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :