PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D DI KELAS VIII SMP NEGERI 27 MEDAN

Nina . Richi, Mukhtar . .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Cabri 3D di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan posttest control design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan tahun ajaran 2016/ 2017 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-4 dan VIII-6 yang dipilih dengan teknik cluster sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes uraian. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Cabri 3D di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A 2016/2017.

Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Problem Based Learning, Discovery Learning, Cabri 3D

 

 

ABSTRACT

 

This quasi experimental research aimed to know understanding of mathematical concepts using Problem Based Learning model assisted by Cabri 3D was better than understanding of mathematical concepts using Discovery Learning model assisted by Cabri 3D in grade eight of SMP Negeri 27 Medan in academic year of 2016/2017. This  research used  posttest  control design with  population was all students of grade eight of SMP Negeri 27 Medan in academic year of 2016/2017and samples were students of VIII-4 and VIII-6 class that were chosen by cluster sampling. The data of research were obtained by essay test. Based on the result of research, it could be concluded that the understanding of mathematical concepts using Problem Based Learning model assisted by Cabri 3D was better than  understanding of mathematical concepts using Discovery Learning model assisted by Cabri 3D in grade eight of SMP Negeri 27 Medan in academic year of 2016/2017.

Keywords: Understanding of mathematical concepts, Problem Based Learning model, Discovery Learning model, Cabri 3D.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Christou,C., dkk, (2006), Developing the 3DMath Dynamic Geometry Sofware: Theoretical Perspectives on Design, International Journal for Technology in Mathematics Education, 13(4), 168-174.

Depdiknas, (2014), Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMP, Depdiknas, Jakarta.

Dewi, Vera, (2014), Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing, Jurnal Saintech, 6, 2086-9681 .

Hosnan, (2014), Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Ghalia Indonesia ,Bogor.

Hudojo, (2005), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Universitas Negeri Malang, Malang.

Minarni, Ani, dkk, (2016), Mathematical Understanding and Representation Ability of Public Junior High School in North Sumatra, Journal on Mathematics Education, 7(1), 2087-8885.

Murizal, dkk, (2012), Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching, Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Rahayu, dkk, (2015), Eksperimentasi Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Pada Materi Perbandingan dan Skala Ditinjau dari Sikap Peserta Terhadap Matematika Didik Kelas VII SMP Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/ 2014, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(3), 2339- 1685.

Rusman, (2012), Model- Model Pembelajaran Pengembangan Profesionalisme Guru, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Widiayaningsih, (2013) Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Kreano. 4 (1), 2086-2334.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8886

Article Metrics

Abstract view : 348 times
PDF - 864 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter