PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE THINK TALK WRITE PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 27 MEDAN

Nova Alwi Sihombing, KMS M Amin Fauzi

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 27 Medan semester genap, yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih secara acak dimana kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen TTW dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen TPS dengan masing-masing jumlah sampel 40 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan satu jenis instrumen yaitu post-test dalam bentuk essay. Dari hasil penelitian yang diberikan, diperoleh  nilai rata-rata post-test kelas eksperimen TTW sebesar 70,3125 dan kelas eksperimen TPS memperoleh nilai rata-rata 64,6875. Berdasarkan pengujian hipotesis yaitu dengan mengggunakan uji t dengan  diperoleh thitung< ttabel (1,5857 < 1,667). Hal ini menunjukkan bahwa H0 diterima dan ditolak sehingga dapat dinyatakan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.

Kata kunci: Komunikasi matematis, TPS, TTW

 

ABSTRACT

 

This research aims to know determine whether the mathematical communication ability of  students who learn with Think Talk Write (TTW) cooperative learning model is higher than mathematical communication ability of  students who learn with Think Pair Share (TPS) cooperative learning model on the material of the cube and the beam grade VIII. Type of this research s using quasi experiment. Population in this research is all student grade VIII SMP N 27 Medan., consists of 9 classes. The sampling in this research was done by random sampling, VIII-2 is called experimental class TTW and VIII-3 is called experiment class TPS which amounts to 40 students per class. The instrument used in this research is post-test only design. From the research conducted, obtained the average value of post-test experimental class TTW amounts 70,3125 and the average value of post-test experimental class TPS amounts 64,6875. Based on hypothesis testing by using t test with  obtained thitung< t tabel (1,5857 < 1,667). This shows that Hoaccepted and Ha rejected so that it can be stated that the mathematical communication ability of  students who learn with Think Talk Write (TTW) cooperative learning model is higher than mathematical communication ability of  students who learn with Think Pair Share (TPS) cooperative learning model

Keywords : Mathematical communication TPS, TTW


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Mulyono, (2012), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rieka Cipta, Jakarta.

Ansari, Bansu I., (2016), Komunsikasi Matematik, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar : Konsep dan Aplikasi, Penerbit Pena, Banda Aceh.

Darkasyi, Muhammad, (2014), Quantum Learning, Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 1 No. 1, ISSN: 2355-4185, hal 21-34.

Ikashaum, Fertilia, (2014), Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran TTW dan TPS, http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/4787 (Diakses 11 Januari 2017).

Jamaluddin, Muhammad, (2013), Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Teorema Pythagoras, Vol. 2 No. 1, hal 4, http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1222/2396 (Diakses 6 Maret 2017)

Nartani, Indah, (2015), Communication in Mathematics Contextual, Intenational Journal of Innovation and Research in Educational Sciences Vol. 2 No. 4, ISSN: 2349-5219, hal 284-287.

Salam, Reskiwati, (2014), Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Komunikasi Matematis Siswa SMA N 9 Makassar, Jurnal Nalar Pendidikan Vol. 2 No. 2, ISSN: 2339-0794, hal 230-236.

Shoimin, Aris, (2016), 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Penerbit Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Suhaedi, Didi, (2012), Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, FMIPA UNY, 10 Desember 2012, ISBN: 978-979-16353-8-7, hal 191-202.

Surya, E. (2010). Visual Thinking Dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Abmas UPI Bandung, Vol. 10 No. 10 Oktober 2010.

Susanto, Herry Agus, (2015), Improving Student’s Activity in Mathematics Communication Trough Metacognitive Learning Approach Based on Lesson Study, International Journal of Education and Research, Vol. 3 No. 2, hal 169-180.

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana Prenada Media Group, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8892

Article Metrics

Abstract view : 399 times
PDF - 408 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter