PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS VIII SMP NEGERI 3
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VIII SMP Negeri 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan semester II yang terdiri dari 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling acak dan kemudian terpilih kelas VIII-C sebagai Kelas Think Talk Write (TTW) (kelas eksperimen I) dengan 40 siswa dan kelas VIII-E sebagai kelas Think Pair Share (TPS) (kelas eksperimen II) dengan 40 siswa. Penelitian ini menggunakan dua buah instrumen yaitu pretest dan posttest dalam bentuk uraian. Instrumen tes tersebut divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yang berasal dari dua validator merupakan dosen dan seorang guru matematika dan telah dinyatakan valid. Dari penelitian, data berdistribusi normal dengan uji Liliefors dan data dikatakan homogen dengan uji F. Analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata posttest kelas TTW adalah 80,31 dan rata-rata posttest kelas TPS adalah 76,15. Dari hasil uji hipotesis posttest diperoleh t > t ( 1,9522 > 1,667). Karena t > t maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal itu berarti kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).
Kata Kunci : Komunikasi Matematis, Think Talk Write, Think Pair Share
ABSTRACT
This research is a quasi-experimental research which aims to know the comparison of student mathematical communication ability which is taught by the type cooperative learning models Think Talk Write (TTW) and type cooperative learning models Think Pair Share (TPS) in class VIII SMP Negeri 3 Medan. The population in this study is all students of class VIII SMP Negeri 3 Medan consisting of 10 calsses. Sample in this study were taken by random sampling technique and then was elected class VIII-C as a Think Talk Write (TTW) class (first experiment class) with 40 students and class VIII-E as a Think Pair Share (TPS) class (second experiment class) with 40 students. This study uses two instruments, namely pretest and posttest in narrative form. The test instrument must be validated by the three competent validator, there is two validators is lecturer and a math teacher and the instruments has been declared valid. From the research, the data distribution were normal distribution with test Liliefors, and the data is homogeneous with test F. Data analisys uses t test at 5 % significance level. The results showed the average of posttest grade of TTW is 80,31 and the average of posttest grade of TPS is 76,15. From the results of posttest hypothesis test obtained t > t ( 1,9522 > 1,667). Because t > t then Ho is rejected and Ha is accepted. It means student mathematical communication ability which is taught by the type cooperative learning models Think Talk Write (TTW) is better than student mathematical communication ability which is taught by the type cooperative learning models Think Pair Share (TPS) in class VIII SMP Negeri 3 Medan.
Keywords : Mathematical Communication, Think Talk Write, Think Pair Share
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, M., (2010), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta
Ansari, Bansu I., (2016), Komunikasi Matematik (Konsep dan Aplikasi), PeNA, Banda Aceh
Arends, Richard I., (2008), Learning To Teach, Pustaka Belajar, Yogyakarta
Asy’ari, (2015), Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square dengan Metode Question Student Have dan Think Talk Write pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 3, No. 1 (2015), ISSN 2339-1685
Chandra, Sari Rahma, (2014), Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write dan Gender Terhadap Kemampuan Komunikasi Matemati Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3 No. 1 (2014)
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2011), Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan FMIPA UNIMED, FMIPA UNIMED, Medan
Fauziah, Laili, (2016), Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning, Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, ISSN 2502-6526
Hamalik, O., (2001), Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bumi Aksara, Jakarta
Herdian, (2010), Kemampuan Komunikasi Matematika, https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-komunikasi-matematis/, di akses pada tanggal 3 Februari 2017
Huda, Miftahul, (2013), Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Pustaka Belajar, Yogyakarta
Hudojo, H., (2001), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Universitas Negeri Malang, Malang
Husna, Asmaul, (2016), Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Lembah Gumanti, Jurnal Pendidikan Matematika FKIP UNRIKA Batam, Vol. 5, No. 1 (2016), ISSN 2301-5314
Isjoni, (2007), Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok, Alfabeta, Bandung
Istarani, (2011), 58 Model Pembelajaran Inovatif, ISCOM Medan, Medan
Kadir, Jl, (2013), Mathematical Communication Skills of Junior Secondary School Students in Coastal Area, Social Science Journal, Kendari, ISSN 0127–9696.
Nasution, P.R. Surya, E dan Syahputra, E. 2015. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 38-51.
Nurjaman, Adi, (2015), Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 9, No. 1 (2015), ISSN 1978-5089
Purwanto, Budi, (2012), Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) dan Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Materi Statistika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMA di Kabupaten Madiun, Tesis, Surakarta, UNS.
Ramellan, Purnama, (2012), Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pembelajaran Interaktif, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1 (2012)
Rusman, (2014), Model-model Pembelajaran, Rajawali Pers, Jakarta
Sudjana, (2005), Metoda Statistika, Tarsito, Bandung
Sundayana, (2015), Statistika Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung
Suprijono, (2009), Cooperative Learning, Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Surya, E. dan Rahayu, R. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunilasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ar-Rahman Percut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, 7(1, 24-34.
Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8905
Article Metrics
Abstract view : 529 timesPDF - 590 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :