PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 AJIBATA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibata setelah diterapkan metode Penemuan Terbimbing dan mengetahui aktivitas belajar siswa ketika diterapkan metode Penemuan Terbimbing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Prisma dan Limas. Data diperoleh dari tes pemahaman konsep matematika siswa pada akhir setiap siklus dan lembar observasi untuk setiap kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa pada tes awal yaitu 58,83 dengan tingkat pemahaman rendah. Secara klasikal dari 30 siswa hanya 2 siswa (6,67%) yang mencapai peningkatan kemampuan pemahaman konsep (mencapai nilai 75). Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 70,91 dengan tingkat pemahaman sedang dan jumlah siswa yang mencapai peningkatan sebanyak 14 siswa (46,67%). Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 81,91 dengan tingkat pemahaman tinggi dan sebanyak 26 siswa (86,67%) mencapai peningkatan, serta telah mencapai indicator keberhasilan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Prisma dan Limas.
Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Metode Penemuan Terbimbing, Prisma dan Limas.
ABSTRACT
This study aims to determine the improvement of the ability to understand the concepts of mathematics students in class VIII SMP Negeri 1 Ajibata after applied Guided Discovery method and to know the student's learning activity when applied method of Guided Discovery. This study is a classroom action research conducted in 2 cycles, each cycle is held in 2 meetings. Subjects in this study were students of class VIII-A which amounted to 30 people. Objects in this research is an effort to improve the ability of students'
understanding of mathematical concepts on Prism and Limas material in class VIII-A SMP Negeri 1 Ajibata academic year 2016/2017. The data were obtained from a comprehension test of students' mathematical concepts at the end of each cycle and an observation sheet for each meeting. The results showed that the ability to understand the concept of mathematics students have increased. This can be seen from the average score of understanding of mathematical concepts of students on the initial test that is 58.83 with low understanding level. Classically of 30 students only 2 students (6.67%) who achieved improvement of concept comprehension ability (reaching value ≥75). After the implementation of the action on the first cycle, the average score of students' mathematical concepts comprehension increased to 70.91 with a moderate level of understanding and the number of students who achieved an increase of 14 students (46.67%). Furthermore, after the implementation of the action in cycle II, the average score of understanding of mathematical concepts of students increased to 81.91 with a high level of understanding and as many as 26 students (86.67%) achieved improvement, and has achieved the indicator of research success. Based on the result of the research, it can be concluded that Guided Discovery method can improve students' mathematical concept comprehension on Prism and Limas materialKeywords: Ability to Understand Concepts, Guided Discovery Methods, Prisms and Limas.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips Pintar PTK: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Laksana.
Dahar, Ratna Wilis. 2006. Teori-teori Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-isi.Pdf
FMIPA Unimed. 2010. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan FMIPA Medan. Medan: Unimed.
Hakiim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Hariyati, Indaryanti, dan Zulkardi. 2008. Pengembangan Materi Luas Permukaan Dan Volum Limas Yang Sesuai Dengan Karakteristik PMRI Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2. No.1. http://eprints.unsri.ac.id./799/1/URUT_5_GANJIL.Pdf
Harja. 2012. Pemahaman Konsep Matematis, mediaharja.blogspot.com/2012/05/ pemahaman-konsep-matematis.html?m=.
Hudojo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Karim, Asrul. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Edisi Khusus No.1. http://jurnal. upi.edu/file/3-Asrul_Karim.pdf.
Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan Dan Penataran Guru Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.http://p4tk.matematika.org/downloads/ppp/PPP_Penemuan_terbimbing.pdf.
Matthew, B & Igharo O Kenneth. 2013. A Study On The Effects Of Guided Inquiry Teaching Method On Students Achievement In Logic. International Researcer 2(1): 134-140.
Napitupulu, Ester L. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Harian Kompas. 14 Desember 2012. (Online). http://edukasi.kompas.com.
Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni. 2008. BSE Matematika dan Aplikasinya 2 Kelas VIII Untuk SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas.
Pasaribu, Endi Zunaedy 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Di Mtsn 1 Padangsidempuan. Tesis. Tidak diterbitkan. Medan: Unimed.
Rahmadani, Elfira. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis Siswa Berbantukan Geoboard. Tesis. Tidak diterbitkan. Medan: Unimed.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar:Ruzz Media.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Surya, E. and Syahputra, E. 2017. Improving High-Level Thinking Skills by Development of Learning PBL Approach on The Learning Mathematics for Senior High School Students. International Education Studies Journal, 10(8), 12-20.
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Tim PPPG Matematika. 2004. Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (PPPPTK).
Wasriono. Surya, E., Syahputra, E. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Autograph untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMK Melalui Model Penemuan Terbimbing. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 52-61.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Yang, Eufhony F.Y, DKK. 2010. The Effectiveness of Inductive Discovery Learning in 1:1 Mathematics Classroom. http://www.icce2010.upm. edu.my/papers/c6/short%20paper/C6SP200.pdf.
Ziswan, Delnedi. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Workshop Pada SMKN 4 Kota Jambi. Tesis. Medan: Unimed.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8906
Article Metrics
Abstract view : 670 timesPDF - 1367 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :