PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS DI SMP NEGERI 35 MEDAN

Faizah Ibrahim Bakoban, Zul . Amry

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments pada materi persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP N 35 Medan  yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 318 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen 1 yang berjumlah 36 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan selisih data pretest post test dari kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 27,61 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 20,083. Hasil uji t  pihak kanan dengan dk = 70 dan a = 0,05, diperoleh thitung = 2,935 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung> ttabel yaitu 2,935 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian  diperoleh kesimpulan bahwa hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa STAD lebih efektif untuk matematika dibandingkan dengan TGT .Karena penyediaan untuk keterlibatan belajar yang lebih tinggi, ini terbukti menjadi strategi pembelajaran aktif.

 

Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Teams Games Tournaments (TGT), Pemecahan Masalah Matematika

 

ABSTRACT

This study aims to see that students' mathematical problem solving ability using cooperative learning model of Student Teams Achievement Division is better than cooperative learning model of Teams Games Tournaments on two variable linear equations. This type of research is a quasi experiment. The population in this study is all students of class VIII Semester II SMP N 35 Medan consisting of 8 classes with total students 318 people. Sampling was done by simple random sampling by taking 2 classes from 8 classes at random that is experiment class 1 which amounted to 36 people and experiment class 2 which amounted to 36 people. The instrument used to determine students' mathematical problem solving abilities is a validated problem-solving test in the form of a description. The result of this research shows that with the difference of pretest

post test data from experimental class 1 with STAD type cooperative learning model and experiment 2 class with cooperative learning model type TGT obtained average value of experiment class 1 is 27,61 and experiment class average value 2 by 20,083. The result of right side t test with dk = 70 and (= 0,05, obtained thitung = 2,935 and ttable = 1,668 so thitung> t table that is 2,935> 1,668 Ha accepted, thus obtained conclusion that end result of research indicate that STAD is more effective for math than TGT. Because of the provision for higher learning engagement, this proves to be an active learning strategy.

 

Keywords: Cooperative learning model of Student Teams Achievement Division (STAD) and Teams Games Tournaments (TGT), Mathematical Problem Solving

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bahri, S. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung : Pustaka Setia.

Hamzah B. Uno. 2011. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta: Bumi Aksara.

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang, Malang.

Majoka,I .Dad,I and Mahmood,T. 2010. Student Team Achievement Division (STAD) As An Active Learning Strategy: Empirical Evidence From Mathematics Classroom. Journal of Education and Sociology : 16- 17. ISSN : 20178 – 032X.

Noor, Aisjah, dan Norlaila. 2014. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.2, No.3.

Oemar, H. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Rattanatuma,T. 2016. Assesing the Effectiveness of STAD Model and Problem Based Learning in Mathematics Learning Achievement and Problem Solving Ability. Journal of Education and Practice 7(12) :194-199. ISSN 2222-288X.

Rosli, R.Goldsby,D and Capraro,M. 2013. Assesing Students Mathematical Problem – Solving and Problem – Posing Skills. Journal Asian Social Science 9(16) : 54-60. ISSN 1911-2017.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Press.

Salam,A. Hossain, A, and Rahman, S. 2015. Effects of Using Teams Games Tournaments (TGT) Cooperative Technique for Learning Mathematics in Secondary Schools of Bangladesh. Malaysian Online Journal of Educational Technology 3(3) : 101-102.

Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). (Alih bahasa: Narilita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Surya, E. dan Rahayu, R. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunilasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ar-Rahman Percut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, 7(1), 24-34.

Surya, E. 2010. Visual Thinking Dalam Memaksimalkan Pembelajara Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Abmas UPI Bandung. Vol. 10 No. 10 Oktober 2010.

Surya, E. 2009. Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Berbasis Masalah Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 14-17.

Surya, E., Josua Sabandar, Yaya Sukjaya Kusumah, Darhim.. 2013. Improving of Junior High School Visual Thinking Representation Ability in Mathematical Problem Solving by CTL., IndoMS JME, Vol. 4 No. 1 January 2013, pp. 113-126.

Syaiful. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 02. Nomor 01. ISSN :2088-2157.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Zulkarnain. 2015. The Effect of STAD Type Cooperative Learning Initiated by Story Questions toward the Ability to Complete Story Questions in Math of Class VII Student of Junior High School (SMP Negeri 1 dan MTSn) in Pangean District, Kuantan Singingi Regency. Mediteranean Jorunal of Social Science 6(3):102- 109. ISSN 2039-2117




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8907

Article Metrics

Abstract view : 288 times
PDF - 364 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter