PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 1 BINJAI

Togi . ., Putri Theresia Sagala

Abstract


; "> ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa
melalui model discovery learning berbantuan Geogebra (2) Mengetahui ketuntasan siswa
terhadap kemampuan penalaran matematis (3) Mengetahui respon siswa dalam
pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning berbantuan Geogebra. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-3
yang bejumlah 36 orang. Objek penelitian adalah penerapan model discovery learning
berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada
materi koordinat kartesius di kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Binjai. Penelitian ini terdiri dari
dua siklus, dimana diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan penalaran matematis untuk
mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal
yang dilakukan sebelum tindakan, diketahui tingkat kemampuan penalaran matematis siswa
sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 41,32. Setelah pemberian tindakan pada siklus I,
tingkat kemampuan penalaran matematis siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas
66,14 dan sebesar 55,56% siswa yang mencapai ketuntasan yaitu tingkat kemampuan
penalaran matematis minimal sedang. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan siklus II,
tingkat kemampuan penalaran matematis siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas
80,03 dan sebesar 88,89% siswa yang mencapai ketuntasan yaitu tingkat kemampuan
penalaran matematis minimal sedang. Respon siswa dalam pembelajaran dengan
menerapkan model discovery learning berbantuan geogebra adalah positif dengan
persentase pada siklus I sebesar 80,36% dan pada siklus II sebesar 91,47%. Berdasarkan
uraian-uraian di atas dapat disimpulkan penalaran matematis siswa meningkat dengan
menerapkan model discovery learning berbantuan geogebra pada materi koordinat kartesius
Kata Kunci : Discovery Learning, Penalaran Matematis.
ABSTRACT
This study aims to (1) improve students' reasoning skills by using discovery learning models
with geogebra (2) to know students’ thoroughness in mathematical reasoning skills 3) To
know the response of students in learning by applying discovery learning models with
geogebra. This research is a classroom action research (PTK). Subjects in this study were
students of class VIII-3 totaling 36 students. While the object of this study is applying
discovery learning models with geogebra to improve the students’ mathematical reasoning
skills. The study consisted of two cycles and tests given at the end of each cycle. From the px; "> <results of the beginning test before the action given, students’ mathematical reasoning skills
level is very low and the average is 41,32. After the action given at cycles I, students’
mathematical reasoning skills level is medium with the average is 66,14 and 55,556% of the
total number of students who take the test have a minimal level of mathematical reasoning.
After the action given at cycles II, students’ mathematical reasoning skills level is medium
with the averages is medium with the average is 80,03 and 88,89% of the total number of
students who take the test have a minimal level of mathematical reasoning. The response of
students in learning by applying discovery learning models with geogebra is positively
associated with the percentage of the first cycle of 80,36% and the second cycle of 91,47%.
Based on the results of students' mathematical reasoning skills from the first cycle to the
second cycle can be concluded that the application of the discovery learning models can
enhance students' mathematical reasoning skills.
Keywords: discovery learning, mathematical reasoning

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adelia, W.S., & Surya, E. 2017.

Resolution to Increase Capacity

by using Math Students Learning

Guided Discovery Learning (gdl).

International Journal of Sciences:

Basic and Applied Research

(IJSBAR). Volume. 34, No. 1,

https://www.researchgate.net/publ

ication/318561469

Adurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan

Bagi Anak Berkesulitan Belajar.

Jakarta: Rineka Cipta

Ahmad, Habriah. 2015. Peningkatan

Kemampuan Penalaran

Matematika Materi Trigonometri

Melalui Penerapan Model

Pembelajaran Discovery Learning

dengan Pendekatan Saintifik pada

Kelas X SMA Negeri 11

Makassar. Jurnal Daya Matematis

Vol 3 No. 3: 299-307

Alfieri, dkk. 2011. Does Discovery

Learning-Based Instruction

Enhance Learning?. Educational

Psychology, 103 (1):1-18

Asmani, Jamal. 2011. Penelitian Tindakan

Kelas. Yogyakarta: Laksana

Burais, Listika, dkk. 2016. Peningkatan

Kemampuan Penalaran

Matematis Siswa melalui Model

Discovery Learning. Jurnal

Didaktik Matematika Vol. 3 No.

: 77-86

Hasratuddin. 2015. Mengapa Harus

Belajar Matematika?. Medan :

Perdana Publishing

Joolingen, W. van. 2009. Cognitive Tools

for Discovery Learning.

International Journal of Artificial

Intelegence in Education, 10, 385-

Mahmudi, Ali. 2010. Membelajarkan

Geometri dengan Program

GeoGebra. Makalah disampaikan

pada Seminar Nasional

Matematika dan Pendidikan

Matematika. FMIPA UNY

Minarni, Ani. 2010. Peran Penalaran

Matematik untuk Meningkatkan

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematik Siswa. Makalah.

Seminar Nasional Matematika dan

Pendidikan Matematika. FMIPA

UNY

Mullis, dkk. 2012. TIMSS 2011

International Result in

Mathematics. Chestnut Hill, MA:

TIMSS & PIRLS International

Study Center. Boston College.

Rizqi, N.R. and Surya, E. 2017. An

Analysis of Students’

Mathematical Reasoning Ability

In VIII Grade of Sablina

Tembung Junior High School.

International Journal of Advance

Research and Innovative Ideas in

Education. 3(2), 333527-3533.

Shadiq, Fadjar. 2014. PEMBELAJARAN

MATEMATIKA; Cara

Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Siswa. Yogyakarta:

Graha Ilmu

Surya, E. Sabandar, J., Kusumah, Y.S. dan

Darhim (2013). Improving of

Junior High School Visual

Thinking Representation Ability

in Mathematical Problem Solving

by CTL. Indonesian

Mathematiocal Society Journal on

Mathematics Education Journal ,

(1), 113-126.

Trianto. 2011. Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif-Progresif;

Konsep, Landasan, dan

Implementasinya pada Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP). Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i3.8911

Article Metrics

Abstract view : 374 times
PDF - 852 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter