PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA ISTIQLAL DELI TUA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa setelah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi pecahan kelas VII di SMP Swasta Istiqlal Delitua Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII di SMP Swasta Istiqlal Delitua dengan jumlah siswa 33 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi pecahan kelas VII di SMP Swasta Istiqlal Delitua tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan observasi. Penelitian terdiri 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil tes pemahaman konsep matematika siklus I nilai rata-rata 63,85 dan klasikal kategori “baik” 57,57%. Siklus II nilai rata-rata adalah 81,69 dan secara klasikal kategori “sangat baik” 90,90%. Hasil observasi kemampuan guru menelola pembelajaran siklus I rata-rata 3,15 dengan kategori “baik”, siklus II berkategori “sangat baik” nilai rata-rata 3,5. Kesimpulan penelitian yaitu penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
ABSTRACT
This study was aimed to know the students ‘increased understanding of the concept after the application of problem based learning model of class VII SMP Swasta Istiqlal Delitua of the school year 2014/2015. Research-shaped Classroom Action Research. Research subjects VII grade students in SMP Swasta Istiqlal Delitua consisted of 33 peoples and the object of research is applying measures problem-based learning model to increased understanding of the concept of class VII SMP Swasta Istiqlal Delitua of the school year 2014/2015. Study data obtained from tests and observation sheets. The study comprised two cycles and the test given at the end of each cycle. Test results understanding of math concept I cycle the average value of 63,85 and in the classical category of “good” 57,57%. Cycle II, the average value is 81,69 and in the classical category of “very good” 90,90%. Observations of teachers ability to manage the learning I cycle an average of 3,15 with the category of “good”, cycle II categorized “very good” average value of 3,5. Conclusion of the study is the application of problem-based learning model can enhance students ‘understanding of mathematical concepts.
Keywords : Model, Problem-based learning (PBL), ability to understanding, concept of Mathematics
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Amir, M.T. 2009. Inovasi Pendidkan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana
Arends, R. I. 1997. Class Room Instruction and Management. New York: MC Grow-Hill Componies, Inc.
Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara
Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press
Indrawati, Y. 2006. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika dalam Pelaksanaan KBK pada SMA Kota Palembang, Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya Vol 4, No & Juni 2006
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Matematika SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Maryunis, A. 1989. Metode Pemetaan Informasi dalam Proses Belajar Mengajar Matematematika. Jakarta: Pascasarjana IKIP Jakarta
Muijs, D dan Reynolds. 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Refrensi Bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana
Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suherman, E. 1990. Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kesuma
Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Karnius
Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Syah. M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi aksara
Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: P.T. Grasindo
Yamin, M. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v1i1.8919
Article Metrics
Abstract view : 261 timesPDF - 323 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :