PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA ISTIQLAL DELI TUA

Yuli Ragelia Sinaga, Nurliani . Manurung

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa setelah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi pecahan  kelas VII di SMP Swasta Istiqlal Delitua Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII di SMP Swasta Istiqlal Delitua dengan jumlah siswa 33 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi pecahan kelas VII di SMP Swasta Istiqlal Delitua tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan observasi. Penelitian terdiri 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil tes pemahaman konsep matematika siklus I nilai rata-rata 63,85 dan klasikal kategori “baik” 57,57%. Siklus II nilai rata-rata adalah 81,69 dan secara klasikal kategori “sangat baik” 90,90%. Hasil observasi kemampuan guru menelola pembelajaran siklus I rata-rata 3,15 dengan kategori “baik”, siklus II berkategori “sangat baik” nilai rata-rata 3,5. Kesimpulan penelitian yaitu penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

 

ABSTRACT

This study was aimed to know the students ‘increased understanding of the concept after the application of problem based learning model of class VII SMP Swasta Istiqlal Delitua of the school year 2014/2015. Research-shaped Classroom Action Research. Research subjects VII grade students in SMP Swasta Istiqlal Delitua consisted of 33 peoples and the object of research is applying measures problem-based learning model to increased understanding of the concept of class VII SMP Swasta Istiqlal Delitua of the school year 2014/2015. Study data obtained from tests and observation sheets. The study comprised two cycles and the test given at the end of each cycle. Test results understanding of math concept I cycle the average value of 63,85 and in the classical category of “good” 57,57%. Cycle II, the average value is 81,69 and in the classical category of “very good” 90,90%. Observations of teachers ability to manage the learning I cycle an average of 3,15 with the category of “good”, cycle II categorized “very good” average value of 3,5. Conclusion of the study is the application of problem-based learning model can enhance students ‘understanding of mathematical concepts.

 

Keywords  : Model, Problem-based learning (PBL), ability to understanding, concept of Mathematics


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Amir, M.T. 2009. Inovasi Pendidkan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana

Arends, R. I. 1997. Class Room Instruction and Management. New York: MC Grow-Hill Componies, Inc.

Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press

Indrawati, Y. 2006. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika dalam Pelaksanaan KBK pada SMA Kota Palembang, Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya Vol 4, No & Juni 2006

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Matematika SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Maryunis, A. 1989. Metode Pemetaan Informasi dalam Proses Belajar Mengajar Matematematika. Jakarta: Pascasarjana IKIP Jakarta

Muijs, D dan Reynolds. 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Refrensi Bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suherman, E. 1990. Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kesuma

Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Karnius

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Syah. M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi aksara

Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: P.T. Grasindo

Yamin, M. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v1i1.8919

Article Metrics

Abstract view : 258 times
PDF - 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter