PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERBASIS BUDAYA DAERAH MELAYU SUMATERA UTARA

Edy . Surya

Abstract


Abstrak

 

Kurangnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika dan minimnya pengintegrasian materi matematika terhadap nilai-nilai budaya lokal belum dapat menciptakan  manusia intelektual dan bermoral  kebangsaan, maka dibutuhkan solusi untuk memecahkan masalah.Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan merupakan keharusan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.  Penelitian ini dilakukan di SMP Kota Medan dan Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Hasil penelitian dapat tersusun buku siswa, Buku guru, dan LAS, perangkat tes yang sesuaian dengan model Pembelajaran Matematika Berkonteks Budaya Daerah Sumatera Utara Terintegrasi dengan teknologi untuk melihat aktivitas siswa dan guru dalam mengajar matematika siswa SMP.

 

Kata Kunci : pembelajaran matematika, budaya derah, teknologi

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Armanto, Dian (2002). Teaching multiplication dan division realistically in Indonesian primary schools: A prototype of local instructional theory. Disertation. University of Twente, Enschede: PrintPartners Ipskamp.

Castro, d. B. (2004).Pre-Service Teachers’ Mathematical Reasoning as an Imperative for Codified Conceptual Pedagogy in Algebra: A case Study in Teacher Education.[Online]. Tersedia: http://www.eric.ed.gov/ERICDocs/data/ericdocs2sql/content_storage_01/0000019b/80/2a/25/a5.pdf. [10 Maret, 2013].

Cielos, P. R, dkk. (2010). Computer Algebra Systems: A basic tool for taching Mathematics in Engineering. [Online]. Tersedia: http://www.formatex.org/micte2005/284.pdf. [15 Maret 2013]

Dikociv, L. (2009). Applications Geogebra into Teaching Some Topics of Mathematics at the College Level.ComSIS Vol 6, No. 2.

Fajar, Shadiq. (2004). Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Makalah yang disajikan pada diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar, tanggal 10 s.d 23 Oktober 2004, Depdiknas PPPG Matematika, Yogyakarta

Fatirul, N. A. (2008). Cooperative Learning.[Online]. Tersedia: http://trimanjuniarso.files.wordpress.com/2008/02/c00perative-learning.pdf. [4 Maret 2013]

Fink, L. Dee. 2003, Creating Significant Learning Eksperinces 9An Integrated Approach to Designing College Courses). San Fransisco: Jossey-Bass.

Fortis, A, dkk. (2011). Geogebra: Another way of looking Mathematics. Anale, Seria Informatica Vol. IX fasc. 2-2011. Tibiscus.

Hohenwarter, M, dkk.(2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software Geogebra. TSG 16: Research and development in the teaching and learning of calculus. ICME 11, Monterrey, Mexico.

Hornes, P. H, dkk, (2009). Use of Computer Algebra Systems in Norwegian Engeneering Education.[Online]. Tersedia: http://www.ineer.org/Events/ICEE2001/Proceedings/papers/121/pdf. [15 Maret 2013]

Krulik, S dan Rudnick, J.A (1995).The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Massachusetts: Allyn & Bacon A Simon & Schuster Company

Laviza, Z, Hohenwarter, M. (2009).The strength of the community: how Geogebra cin inspire technology integration in mathematics teaching. MSOR Connection Vol 9 No 2 May – July 2009.

Malone, John A., Douglas, Graham A., Kissane, Barry V., and Mortlock, Roland S. 1989.Measuring problem-solving ability. In New Directions for Elementary School Mathematics: 1989 Yearbook, edited by Paul R. Trafton and Albert P. Schulte. Reston, virginia: NCTM.

Priatna, N. (2003). Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematik Siswa Kelas 3 Seklolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Kota Bandung.Disertasi Doktor Pada PPS UPI Bandung. Tidak diterbitkan

Sukmadinata, S. N, Alexon.(2010). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap Budaya Lokal.Jurnal: Cakrawala Pendidikan, Juni 2010 No 2. UPI Perss.

Tika, K, Suastra, W. I. Kariasa, N. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal Di SMP. Jurnal Penelitian dana Pengambangan Pendidikan, JPPP Undiksa.

Widiarto.(2004). [Online].Tersedia.http://p4tkmatematika.org/downloads/ppp/. [4 Maret 2013]

Yuniarti, Y. (2007). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Inkuiri.Tesis Magister Pada SPS UPI Bandung.Tidak diterbitkan.

TIMSS. 1997. International versions of the background questionnaires. TIMSSInternationalStudyCenter: BostonCollege, Chestnut Hill, MA, June 1997

Van den Akker, Jan. 1999. Principles and methods of development research.In Jan van den Akker et al. (Ed.) Design Approaches and Tools in Education and Training pp. 1-14.Dordrecht: kluwer Academic Publishe




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v1i1.8920

Article Metrics

Abstract view : 348 times
PDF - 881 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter