PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 3 Perbaungan dengan jumlah siswa 38 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII-6 SMP Negeri 3 Perbaungan tahun ajaran 2015/2016 . Dari hasil analisis tes pemahaman konsep dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada materi persamaan kuadrat diperoleh persentase 71,05% dengan nilai rata-rata 74,16 pada siklus I dan meningkat menjadi 86,84% dengan nilai rata-rata 85,66 pada siklus II. Dari analisis data diperoleh persentase tingkat ketuntasan belajar secara klasiakal siswa dari siklus I ke siklus II adalah 15,79% maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan
Kata Kunci :Pemahaman Konsep, Persamaan Kuadrat,Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
ABSTRACT
This research is classroom action research. This research is purpose (1) to improve students understanding of concepts ability using Cooperatif Learning Model Type Students Teams Achievement Divisions (STAD) of the material Quadratic Equation in the class VIII of Junior High School in 3 Estate of Perbaungan. This research is a classroom action research. The subject in this research is class VIII-6 and the total is 38 students of Junior High School in 3 State of Perbaungan. The object of this research is improving students’ understanding of concepts ability using Students Teams Achievement Divisions (STAD) in material Quadratic Equation in class VIII-6 of Junior High School in 3 Estate of Perbaungan. From the analysis of understanding of concepts ability tests using STAD Model on the material Cubes and Bar the percentage of 71.05% was obtained with an average value of 74.16 in the first cycle and increased to 86.84% with an average value of 85,66 in the second cycle. From the result of data analysis obtained by the percentage level of classical learning completeness students from the first cycle to cycle II was 15.79 % , it can be concluded Cooperatif Learning Model Type Students Teams Achievement Divisions (STAD) is able improving student’s understanding of concepts ability in class VIII of Junior High School in 3 State of Perbaungan Year 2015/2016 .
Keyword s: Understanding Of Concepts Ability, Quadratic Equation, Cooperatif Learning ModelFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, M., (2012), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar,Penerbit PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi.(2013). Prosedur penelitian. Jakarta : rineka cipta
Arikunto, Suharsimi dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2011), Buku Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Mahasiswa Program Studi Kependidikan, FMIPA Unimed, Unimed.
Hamalik, Oemar. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bandung: Bumi Aksara.
Hudojo, Herman. (2005). Pengembangan Kurikulumdan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang I Made Suriant.
Istarani, (2012), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Penerbit Media Persana, Medan.
Nurhadi, (2004), Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban),Grasindo, Jakarta.
Retnowati, Aprilia, (2013), Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD, Jurnal Pendidikan Arupalakka Vol 1. No 1
Sagala,Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajardan Mengajar. Bandung : Alfabeta
Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta
Slavin, Robert E., (2005), Cooperative Learning ,Penerbit Nusa Media, Bandung: Nusa Media
Sudijono, Anas, (2011), Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grasindo Persada
Sudjana, N., (2009), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Suherman, Erman. (2003). Strategi Pengajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA
Suprijono, A., (2010), Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Belajar
Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Penerbit Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Winarsih, (2015), Penerapan Model STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Materi Segitiga, Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah, Vol. 5 Nomor 3, ISSN 0854-2172
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v2i1.8936
Article Metrics
Abstract view : 260 timesPDF - 174 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :