UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO MEDAN

Marojahan . Panjaitan, Gerham . Gultom

Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan Metode Penemuan Terbimbing  pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Medan  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelas VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Medan dengan jumlah siswa 42 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan Metode Penemuan Terbimbing  pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Medan T.A 2014/2015. Pada awal penelitian dilakukan tes awal. Siswa yang tuntas dalam tes awal ini adalah 11 siswa (26,19%) dan rata-rata kelas 58,12. Pada siklus I diperoleh aktivitas siswa yang masuk kategori baik dan sangat baik adalah 14 siswa (33,34%) sedangkan untuk tes hasil belajar I, siswa yang tuntas dalam tes ini sebanyak 26 siswa (61,90%) dan rata-rata kelas 68,17. Pada siklus II diperoleh aktivitas siswa yang masuk kategori baik dan sangat baik meningkat menjadi 30 siswa (71,43%). Sedangkan untuk hasil belajar II. Siswa yang tuntas meningkat menjadi 37 siswa (88,10%) dan rata-rata kelas 79,35. Karena presentase aktivitas siswa yang masuk dalam kategori baik dan sangat baik telah mencapai ≥ 70% dari banyak siswa dan telah mencapai paling sedikit daya serap klasikal ≥85%, maka pembelajaran pada siklus II telah berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Medan.

 

Kata Kunci:Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Metode Penemuan Terbimbing, Kubus dan Balok.

 

ABSTRACT

 

The purpose of this research is to know whether by Guidance Discovery Method in Cube and Bar material for grade VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Medan can improve the activity and students’ study result. The kind of this research is classroom action research which had been held in 2 cycles. The subject of this research is grade VIII of SMP Swasta Brigjend Katamso Medan with the total is 42 students and the object of this research is improving the activity and students’ study result by applying Guidance Discovery Method in Cube and Bar material for grade VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Medan T.A 2014/2015. At the beginning of this research. The students who had passed the pre test were 11 students (26,19%) and the class average score was 58,12%. The cycle I, the activity of students which acquired as good and very  good category were14 students (33,34%), whereas the test I of study results who passed the test were 26 students (61,90%) and the class average score was 68,17. The cycle II, activity of students which acquired as good and very good category improved become 30 students (71,43%). Whereas the test II of study results who passed the test were 37 students (88,10%) and the class average score was 79,35. Because of the percentage of the activity of students as good and very good category had achieved ≥ 70% of the subject and had achieved classical comprehended capacity  ≥85%, so the study in cycle II had been succeed. So, it can be concluded that Guidance Discovery Method can improve the activity and the study result of the students especially in cube and bar material for grade VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Medan.

 

Keywords: Activity and Students’ Study, Guidance Discovery Method, Cube and Bar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Mulyono., (2012),

Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan

Belajar, Penerbit Rineka Cipta,

Jakarta.

Arikunto, Suharsimi., (2011), Prosedur

Penelitian, Penerbit Rineka Cipta,

Jakarta.

Hamid, Abdul., (2009), Teori Belajar dan

Pembelajaran, Penerbit Pasca

Sarjana Unimed, Medan.

Kunandar., (2012), Langkah Mudah

Penelitian Tindakan Kelas Sebagai

Pengembangan Profesi Guru,

Penerbit PT. Raja Grafindo

Persada, Jakarta.

Kunandar., (2008), Guru Profesional

Implementasi Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP) dan Sukses

Dalam Sertifikasi Guru, Penerbit

PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Purwanto., (2011), Evaluasi Hasil Belajar,

Penerbit Pustaka Pelajar,

Yogyakarta.

Rohani, Ahmad., (2004), Pengelolaan

Pengajaran, Penerbit Rineka Cipta,

Jakarta.

Sardirman., (2011), Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar, Penerbit Raja

Grafindo Persada, Jakarta.

Slameto., (2012), Belajar dan Faktor-faktor

yang Mempengaruhinya, Penerbit

Rineka Cipta, Jakarta.

Surya, E., Sabandar, J., Kusumah, Y.S., and

Darhim. (2013). Improving of

Junior High School Visual

Thinking Representation Ability in

Mathematical Problem Solving by

CTL. IndoMS. J.M.E, Vol. 4 No. 1,

pp. 113-126.

Surya E.. 2013. Analisis Pemetaan dan

Pengembangan Model

Pembelajaran Matematika SMA di

Kabupaten Tapteng dan Kota

Sibolga Sumatera Utara. Jurnal

Pendidikan Matematika

PARADIKMA, Vol 6 Nomor 1, hal

-88




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i3.8975

Article Metrics

Abstract view : 156 times
PDF - 237 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter