PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VIII SMP N 27 MEDAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran kooperatif tipe TPS berbeda dengan pembelajaran kooperatif tipe TSTS di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 362 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak, maka terpilih kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 40 orang dan kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Instrumen tes tersebut telah divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yaitu dua validator merupakan dosen pendidikan matematika dan satu validator merupakan guru matematika dan telah dinyatakan valid. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 72,5000 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 63,9060. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 78 dan = 0,05, diperoleh thitung = 1,7489 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung tidak berada dalam interval –ttabel<thitung<ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbeda dengan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), kemampuan komunikasi matematis
Abstrak This research aims to see that the mathematical communication skills of students incooperative learning types Think pair share (TPS) different cooperative learning with types Two Stay Two Stray (TSTS) in class VIII SMP Negeri Medan 27. This type of research is quasi-experiments. The population in this research is all students of SMP Negeri 27 Medan consist of 9 class with the number of overall students 362 people. Sampling is done by means of cluster sampling taking 2 classes from grade 9 at random, then elected to class VIII-7 as a class experiment 1 of 40 people and class VIII-8 experiments as a class 2 that add up to 40 people. This research uses the instrument in the form of exposé i.e. posttest are used to figure out the mathematical communication skills of students. The test instrument has been validated by three competent two validator the validator is a Professor of mathematics
education and a validator is a mathematics teacher and has been declared invalid. From the results of the study after being given different treatment experimental class 1 with cooperative learning model type TPS and experimental class 2 with cooperative learning model type TSTS obtained average value of experimental class 1 for 72.5000 and the average value of experimental class 2 of 63.9060. T test result two parties with dk = 78 and =0,05 , retrieved thitung = 1.7489 and ttabel = 1.667 so that thitung are not in interval – ttabel< thitung < ttabel and then Ha received, thus obtained the conclusion that mathematical communication skills of students in cooperative learning types Think Pair Share (TPS) cooperative learning with different types of Two Stay Two Stray (TSTS) in class VIII SMP Negeri Medan 27.
Keywords: Cooperative learning model types Think Pair Share (TPS), cooperative learning Model types of Two Stay Two Stray (TSTS), communication skills matematis
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Byod, W, dkk. 2014. Feeling Good about Teaching Mathematics: Addressing Anxiety amongst Pre-Service Teachers. Scientific Research, Vol.5, P.207,208.
Darkasyi, Muhammad. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswadengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe.Vol. 1. No. 1
Husna,dkk, (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS).Jurnal Peluang.Vol. 1. No. 2.
Isjoni, H. (2011).Cooperatif Learning. Alfabeta. Bandung.
Kusumaningrum, Ratih, dkk. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Numbered Heads Together (NHT), Dan Think Pair Share (TPS) Pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Dikabupaten Sukoharjo. Vol.3, No.7, ISSN.2339-1685.
Mahmudi, A. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU 8:1-9
Mayasari, Dian., (2015), Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015, ISBN : 978.602.361.002.0
Sa’ad, T.U, Adamu, A, dan Sadiq, A.M. (2014). The Causes of Poor Performance in Mathematics among Public Senior Secondary School Students in Azare Metropolis of Bauchi State. Nigeria. Journal of Research & Method in Education. Vol.4. No.6. e-ISSN.2320–7388. P. 32.
Santillán, A.G, Escalera-Chávez,M.E dan Moreno-García, E, Santana-Villegas,.d.C. (2015). Factors that Explains Student Anxiety toward Mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Vol.12. No.2. 361. ISSN.1305-8223. P.361.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Penerbit Tarsito. Bandung.
Surya, E. (2012). “Upaya Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif”. Jurnal Tematik, PPS Dikdas Unimed. 7, (1), 1-14, ISSN : 1979-0633.
Surya, E., Sabandar, J., Kusumah, Y.S., and Darhim. (2013). Improving of Junior High School Visual Thinking Representation Ability in Mathematical Problem Solving by CTL. IndoMS. J.M.E, Vol. 4 No. 1, pp. 113-126.
Ulfah, Fitriah. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i3.8979
Article Metrics
Abstract view : 291 timesPDF - 315 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :