HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASEDLEARNING DI MAN KISARAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat hubungan dan seberapa besar hubungan kepercayaan diri (Self Confidence) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning). Subjek penelitian ini berjumlah 30 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kepercayaan diri dengan angket, dan data kemampuan pemecahan masalah dengan tes esai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model PBL di MAN Kisaran yang ditunjukkan dengan . Hubungan yang ada antara kepercayaan diri siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika ditunjukkan dengan , artinya semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin tinggi kemampuan pemecahan masalah matematika, dan semakin rendah kepercayaan diri siswa maka semakin rendah kemampuan pemecahan masalah matematika.
Keywords: problem based learning, self confidence, kamampuan pemecahan masalah.
Abstrak
The purpose of this studi was to determine the relationship exists and how much the relationship of self confidence (Self Confidence) students with a mathematics problem solving ability of students to use the PBL model (Problem Based Learning). Subjects in this study amounted to 30 people. The data collected in this study is a data on the self confidence by questionnaire, and the ability of solving mathematical problems with an tests essay. The results of this study indicate that there is a relationship between self confidence with mathematics problem solving ability of students using PBL models in MAN Kisaran indicated by . The relationship between self confidence in students with mathematical problem solving ability is indicated by, meaning that the higher the self confidence, the higher the students' mathematical problem solving ability, and the lower the self confidence of the students, the lower the mathematical problem solving abilities.
Keywords: problem based learning, self confidence, problem solving mathematics ability
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara
Amalia, Syarifuddin Dan Nilawasti. 2014. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii Smpn 8 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 1, Vol.3 No.2.
Amir, Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Arends, Richard L. 2012. Belajar Untuk Mengajar. Jakarta:Penerbit Salemba Humanika.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standard Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas
Djanuari, Eri. Validitas Dan Realibilitas Butir Soal. E-Journal Dinas Pendidikan Kota Surabaya,Vol.1
Fallo, Janse Oktaviana dkk, 2013. Uji Normalitas Berdasarkan Metode Anderson-Darling, Cramer-Von Mises dan Lilliefors Menggunakan Metode Bootstrap. Jurnal Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta.
Gunandtara, Gd Dkk. 2014.Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar Pgsd Univesitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pgsd, Volume 2, Nomor 1.
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran . Yogyakarta:Penerbit Insan Madani.
Heris, H. 2012. Pembelajaran Matematika Humanis Dengan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Ilmiah,Vol.2, No.1 Y, Tahun 2012, Program Studi Matematika Stkip Siliwangi Bandung
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: Penerbit Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang.
Surya, E., Sabandar, J., Kusumah, Y.S., and Darhim. 2013. Improving of Junior High School Visual Thinking Representation Ability in Mathematical Problem Solving by CTL. IndoMS. J.M.E, Vol. 4 No. 1, pp. 113-126.
Surya, Edy. 2009. “Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Berbasis Masalah dalam Pemecahan Masalah Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, IV (1), 14-17.
Surya, E. and Syahputra, E. 2017. Improving High-Level Thinking Skills by Development of Learning PBL Approach on The Learning Mathematics for Senior High School Students. International Education Studies, 10(8), 12-20.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8992
Article Metrics
Abstract view : 1456 timesPDF - 2575 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :