PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENIGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis model discovery learning; (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis model discovery learning menggunakan perangkat yang dikembangkan, (3) menemukan perangkat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-I pada Uji Coba I dan siswa kelas VII-E pada Uji Coba II SMP Negeri 6 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LAS untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemahaman konsep, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,25 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria Baik dan skor rata-rata LAS yaitu 4,18 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik; perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu pada uji coba II sebesar 87%, b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada uji coba II, c) Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 3,95 dari maksimal 5,00 pada uji coba I dan 4,0 dari 5,00 pada uji coba II. Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu 88,7% pada uji coba I dan 93% pada uji coba II. d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba I dan uji coba II; kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep pada uji coba I sebesar 70,1 meningkat sebesar 11,3 menjadi 81,4 pada uji coba II dan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I 70% meningkat sebesar 16,6% menjadi 86,7% pada uji coba II.
Kata kunci : perangkat pembelajaran, discovery learning, kemampuan berpikir kreatif.
Full Text:
PDFReferences
Asari, Tohir, Valentino, Imron, Taufiq., (2016), Matematika: Buku Guru. Kemendikbud, Jakarta
Asari, Tohir, Valentino, Imron, Taufiq., (2016), Matematika: Buku Siswa. Kemendikbud, Jakarta
Aufa, M., dkk., (2016), Development Of Learning Devices Trought Problem Based Learning Model Based On Context Of Aceh The Cultural Improve Mathematical Communication Skill And Social Skills of SMPN 1 Muara Batu Students, Journal Of Education and Practice 5 (39)
Balm, A., (2009), The Effects Of Discovery Learning On Students’ Success And Inquiry Learning Skill, Egitim Arastirmalaru-Eurasian Journal of Educational Research, 35 : 1-20
Cahyani,U.A., (2014), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) Materi Prisma dan Limas untuk Siswa Kelas VIII Semaester II.,Skripsi,FMIPA,UNY, Yogyakarta
Chaerani, dkk., (2015), Problem Based Learning Buginese Cultural Knowledge Model Case Study: Teaching Mathematics at Junior High School, International education studies 08 (04)
Dahar,W.R., (2011), Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Erlangga, Jakarta
Daryanto dan Dwicahyono., (2014), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar, Gava Media, Yogyakarta
Dimiyati dan Mudjiono., (2013), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta
Euphony, (2010), The Effectiveness Of Inductive Discovery Learning In 1:1 Mathematics Classroom, Proceedings Of The 18th International Conference On Computers In Education, Malaysia, 743-747
Fathurohman, M., (2015), Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan, Ar-ruzz Media, Yogjakarta
Gita, K.M., (2013), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis discovery Learning Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Di Kelas VII SMP. Jurnal Kadikma, 04 (03)
Ismayati dan Nurlaela., (2015), Strategi Belajar Berpikir Kreatif, Ombak, Yogyakarta
Jumadi, (2013), Penerapan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Malang. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Malang.
Marliani, N., (2015), Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), Jurnal Formatif 5 (1)
Mawaddah, Kartono, Suyitno., (2015), Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Metakognisi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Unnes Journal of Mathematics education research 4 (1) : 1-8
Moma, L., (2015), Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Mubarok dan Sulistyo., (2014), Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 03 (1) : 215-221
Muhammad, N., (2015), Pengaruh model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan percaya diri siswa, Jurnal Pendidikan Universtas Garut 09 (01) : 75-90
Nieven. N., (2007), Education Design Research, Netherland, Colophon
Nurharini dan Wahyuni., (2008), Matematika Konsep dan Aplikasinya, Pusat Penerbit Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
Putra, Irwan, Vionanda., (2012), Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajran Berbasis Masalah, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 (1): 22-26
Putrayasa, Syahruddin, Margunayasa., (2014), Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 2 (1)
Riani, Surya, Syahputra., (2015), Perbedaan Peninkatan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemamdirian Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMPN 4 Padang Sidempuan, Jurnal Paradikma 8 (3)
Rochmad, 2012, Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Jurnal Kreano, 3 (1) : 59-72
Rudiyanto, (2014), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, Premiere Educandum 4(1):44-48
Sani, R., (2014), Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, PT Bumi Aksara, Jakarta
Sani, R., (2013), Inovasi Pembelajaran, PT Bumi Aksara, Jakarta
Sinaga, B., (2007), Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBM-B3). Disertasi tidak Dipublikasikan. Surabaya. PPs Unesa
Sudjana,N., (2010), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Sugiyono, (2015), Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development, Alfabeta, Bandung
Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung
Surya E. 2013. Analisis Pemetaan dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMA di Kabupaten Tapteng dan Kota Sibolga Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Matematika
PARADIKMA, Vol 6 Nomor 1, hal 75-88.
Surya, E. Putri, F.A. and Mukhtar. 2017. Improving Mahematical Problem Solving Ability and Self-Confidence of High School Students Through Contextual Learning Model. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 8(1), 85-94.
Surya, E. and Syahputra, E. 2017. Improving High-Level Thinking Skills by Development of Learning PBL Approach on The Learning Mathematics for Senior High School Students. International Education Studies, 10(8), 12-20.
Syah, M., (2010), Psikologi Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Syahbana, A., (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica 02 (02) : 17-26
Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel,M.I., (1974), Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children, Indiana University.
Trianto, (2010), Mendesain Model Pembelajaran Iovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan, Kencana, Jakarta
Tomi,dkk., (2012), Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Pembelajaran Berbasis Masalah, Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1):22-26
Widoyoko, E.P., (2009), Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Yuliani dan Saragih., (2015), The development of Learning Devices Based Guided Discovery Learning Model to Improve Understanding Concept and Critical Thingking Mathematically Ability of Student at Islamic Junior High School of Medan, Journal of Education and Pratice 6 (24)
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v4i1.9294
Article Metrics
Abstract view : 1541 timesPDF - 1514 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :