PENGARUH DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU DAN MOTIVASI TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRACT
The purpose of the research is to reveal the effect of time alocation distribution on physical education towards students physical fitness. The research was conducted in Centeh State Elementary school at Jl Pacar no 5 Bandung West Java. The samples are the 60 random fifth graders out of 233 populations, with average 10-11 years old. The method was experiment, with design factorial 2x3. The data gathering technique was Likert's scale questionnaire for motivation and for the students’ fitness data is Indonesia physical fitness test. The Varian analysis result shown that : velue Fh between collumn A14.94 is bigger compare to Ftab 0,05 which 5.14 (Fh = 14.94 > Ftab 0,05 = 5.14) withdk numerator V1 (a -1)(b-1) = 2, dk denominator V2 ab (n - I) = 3 x 2 (10 -1) = 54. Based on the analysis can be concluded that the physical fitness of the group of study time allocation of 4 x 35 minutes is higher (better) compare to the group of 2 x 70 minutes and 1 x 140 mnutes.
Key word: Time allocation distribution, Motivation, physical fitness
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menyingkap pengaruh pendistribusian alokasi waktu pembelajaran pendidikan jasmani terhadap kebugaran jasmani siswa.Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Centeh Jalan Pacar No 5 Kota Bandung Jawa Barat. Sampel penelitian yang digunakan, siswa kelas lima yang dipilih secara random sebanyak 60 orang dari populasi sebanya 233 orang, dengan rata-rata usia 10 – 11 tahun.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain factorial 2 x 3. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala sikap dari Likert untuk motivasi dan untuk data kebugaran jasmani siswa, menggunakan tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI). Hasil analisis varian menunjukan bahwa : harga Fh antar kolom A sebesar 14.94 lebih besar dari pada Ftab 0,05 sebesar 5.14 (Fh = 14.94 > Ftab 0,05 = 5.14) dengan dk pembilang V1 (a -1)(b-1) = 2, dk penyebut V2 ab (n - I) = 3 x 2 (10 -1) = 54.. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Kebugaran jasmani kelompok alokasi waktu pembelajaran 4 x 35 menit lebih tinggi (baik) daripada Kebugaran jasmani kelompok alokasi waktu pembelajaran 2 x 70 menit dan kelompok alokasi waktu pembelajaran 1 x 140 menit.
Key word : distribusi alokasi waktu, Motivasi, kebugaran Jasmani
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v3i1.8201
Article Metrics
Abstract view : 258 timesPDF - 750 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.