PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI DRIBBLING SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN

Fahrijal Pulungan, Sabaruddin Yunis Bangun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dribbling dalam materi permainan Sepak bola melalui pendekatan bermain terhadap siswa kelas XI MAN 2 Model Medan Tahun 2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Model Medan. Subjek penelitian ini siswa Kelas XI IPS MAN 2 Model, dan sebagai objek penelitian seluruh siswa kelas XI IPS 4 berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif melalui pendekatan bermain, untuk meningkatkan hasil belajar dribbling materi permainan sepak bola. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar fortofolio penilaian hasil belajar dribbling permainan sepak bola. Dari hasil data awal (pre test) dan observasi siswa yang tuntas saat melakukan dribbling adalah 7 orang (22,58%) sedangkan jumlah siswa belum tuntas sebanyak 23 orang (77,42%). Hasil penelitian pada: Hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 14 orang siswa (45.16%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 16 orang siswa (54.84%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, persentase nilai rata-rata 63.41%. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 80%. Kemudian hasil belajar dilanjutkan pada siklus II diperoleh data sebanyak 26 orang siswa (87,09%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (12,91%) masih belum tuntas. Persentase nilai rata-rata 81.2%, peningkatan persentase nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 12.15% dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 10%. Penelitian ini menyimpulkan penggunaan metode pendekatan bermain dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar dribbling pada materi sepak bola.


Full Text:

HTML


DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v3i5.13446

Article Metrics

Abstract view : 382 times
HTML - 385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PRESTASI