UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING PADA PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI GAYA MENGAJAR KOMANDO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Shooting pada permainan bola basket melalui gaya mengajar komando pada siswa Kelas X SMA SWA Bina Karya Medan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Bina Budaya Medan, adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA SWA Bina Karya dengan jumlah 41 orang. Metode penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui Gaya mengajar komando terhadap peningkatan hasil belajar Shooting dalam permainan bola basket pada siswa kelas X SMA SWA Bina Karya meningkat. (1). Dari hasil tes belajar siklus I di peroleh sebanyak 17 orang siswa (59.00%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 24 orang siswa (41.00%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan persentase nilai 70.50, namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan. (2). Dari tes hasil belajar siklus II di peroleh data sebanyak 36 orang siswa (88.00%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, dan 5 orang siswa (12.00%) masih belum tuntas dengan persentase nilai rata-rata 80.23 peningkatan persentase nilai ketuntasan klasikalnya 88.00%.
Full Text:
HTMLDOI: https://doi.org/10.24114/jp.v3i5.13447
Article Metrics
Abstract view : 974 timesHTML - 1092 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PRESTASI