PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI MELALUI PERMAINAN

Dedi Aryadi, Dicky Edwar Daulay

Abstract


Penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran lari melalui permainan siswa sekolah dasar pada umumnya dan anak kelas V pada khususnya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan sebagai bahan pengajaran bagi guru sekolah dasar .Dalam penelitian dan pengembangan model pelatihan bergegas melalui permainan untuk meningkatkan hasil belajar lari di kelas lima sekolah dasar adalah proses yang digunakan untuk mengembangkan dan menyetujui pelatihan produk. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (R & D) dari Borg dan Gall. Lokasi penelitian di sekolah dasar Negeri SDN Curug Badak II Maja Rangkasbitung Banten 30 siswa derajat. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret hingga April 2019. Data skor tes psikomotor berdasarkan kelompok besar, mendapatkan siswa yang memperoleh nilai + 80 orang dan nilai 60-79 (baik) adalah 12 orang dan mereka semua lulus. Jadi dapat disimpulkan bahwa materi dalam pembelajaran kecepatan psikomotor dijalankan melalui permainan telah berhasil dikuasai siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembangunan yang dihasilkan dapat digunakan dan dipraktekkan pada anak-anak sekolah dasar. Penelitian ini memperoleh aspek psikomotorik. Pelajaran lari melalui permainan, yang dirancang bagi para peneliti sebagai bahan latar belakang untuk guru sekolah dasar, khususnya kelas V.

Full Text:

HTML


DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v3i6.15900

Article Metrics

Abstract view : 600 times
HTML - 466 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PRESTASI