PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI PADA KELAS XI SMA

Rafid Manjay Lubis, Iwan Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar smash bola voli melalui penerapan media audiovisual dan variasi pembelajaran pada siswa kelas XI SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 20 orang diantaranya tediri dari 12 siswa putra dan 8 siswa putri. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan smash bola voli masih rendah yaitu 5 siswa (25%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran smash melalui penerapan media audiovisual dan variasi pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 12 siswa (60%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 8 siswa (40%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata rata 74,12. Pada siklus II hasil belajar smash bola voli yaitu 17 siswa (85%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar. Sedangkan 3 siswa (15%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar dengan nilai rata rata 85,31. Maka diketahui bahwa peningkatan nilai rata rata dari siklus I dan siklus II sebesar 25%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan media audiovisual dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar smash bola voli pada siswa kelas XI SMA.


Full Text:

HTML


DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v3i6.15901

Article Metrics

Abstract view : 604 times
HTML - 467 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PRESTASI