MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PENJAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi tolak peluru melalui modifikasi alat pembelajaran penjas pada siswa SMK YP Nur Azizi Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu kelas XI Akuntansi berjumlah 45 orang. Metode penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan data hasil tes awal tolak peluru di atas terlihat bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran tolak peluru masih rendah. Dari 45 orang siswa hanya terdapat 16 orang siswa (35,56%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 29 orang siswa (64,44%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 69,13. Hasil Siklus I memperlihatkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran tolak peluru mulai meningkat. Dari 45 orang siswa yang menjadi subjek penelitian, 33 orang siswa (73,33%) yang memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 12 orang siswa (26,67%) belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I ini mencapai 77,03. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 45 orang siswa, terdapat 40 orang siswa memiliki ketuntasan (88,89%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (11,11%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh mencapai 84,44. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran tolak peluru menggunakan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK YP Nur Azizi Deli Serdang.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jp.v4i1.18390
Article Metrics
Abstract view : 365 timesPDF - 299 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL PRESTASI