UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 TANJAB BARAT MELALUI PENDEKATAN GAYA MENGAJAR LATIHAN POWER TUNGKAI DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI BOLA GANTUNG

Sukendro Sukendro, Ekawarna Ekawarna, Fajar Dwi Rahayu, Ely Yuliawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penerapan gaya mengajar latihan untuk meningkatkan hasil belajar Smash bola voli dan melihat peningkatan proses belajar mengajar dengan cara mengamati secara sistematik gerakan atau pokok bahasan dari teman serta melihat peningkatan keterampilan siswa dalam memperaktikkan teknik dasar smash bola voli dengan baik dan benar sekaligus memberikan kemudahan bagi siswa dan guru dalam menjalankan proses belajar mengajar bola voli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan pada siklus ke pertama motivasi siswa cukup meningkat sesuai dengan rencana pembelajaran, hasilnya adalah 22 siswa aktif, 8 siswa kurang dan 3 siswa pasif. Berdasarkan hasil diatas pada siklus ke 1 siswa cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran Smash bola voli. Sesuai dengan refleksi, harapan dari peneliti 66,7% siswa aktif, termotivasi, serta antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga penilitian harus dilakukan pada tahap siklus kedua. Siklus kedua peneliti berhasil memperbaiki pendekatan pembelajaran dengan memotivasi siswa sesuai dengan kondisi siswa pada saat itu, hasilnya adalah 30 siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran passing atas bola voli, 3 siswa bersikap kurang aktif. Berdasar hasil belajar siswa pada siklus pertama nilai rata-rata kelas pembelajaran smash bola voli adalah 73,48 dan hasil belajar siswa pada siklus kedua adalah 79,76.


Keywords


Hasil Belajar, Bola Gantung

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Asep Kurnia Nenggala. (2007). Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan. Cetakan I. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Ekawarna. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP Press)

________ Penelitian Tindakan Kelas. (2013). Jakarta: Referensi (GP Press Group)

Husdarta., Yudha M. Saputra. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

Mosston., Ashworth. (2009) Jurnal Spektrum Gaya Mengajar

Oemar Hamalik. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Sarumpaet. (1991). Teknik Dasar Bola Voli. Jakarta: Sinar Jaya




DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v5i2.26501

Article Metrics

Abstract view : 565 times
PDF - 535 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sukendro, Ekawarna, Fajar Dwi Rahayu, Ely Yuliawan