PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN OLAHRAGA PERMAINAN KECIL PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hasil kelayakan permainan kecil yang dikembangkan berupa video, mengetahui respon siswa terhadap model pengembangan video permainan kecil serta mengetahui proses pengembangan video pembelajaran olahraga Permainan Kecil pada Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang meliputi 5 tahapan penelitian. Lima tahapan tersebut meliputi Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluation. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa respon ahli materi dan ahli media terhadap media video pemebelajrana permainan kecil dinyatakan "Sangat Layak" Berdasarkan respon siswa terhadap video pembelajaran permainan kecil memperoleh persentase 93 % dengan kategori "Sangat Baik”, Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa video pemebelajaran permainan kecil sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dan direspon baik oleh siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based Instructional Design. California: Pfeiffer.
Ardhana, I.W., (2002). Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Lokakarya Nasional Angkatan II Metodologi Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran: Malang.
Azhar Arsyad. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dini Rosdiani. (2015). Kurikulum Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardiyono, B. (2013). The Game is Played and Basic Fitness for Student. International Seminar on Physical Education, Sport, and Health, (pp. 118-125). Sport Science Faculty, Semarang State University, Semarang, Indonesia.
Hartati, S.C.Y., Priambodo, A., & Kristiyandaru, A. (2012). Permainan Kecil: Cara Efektif Mengembangkan Fisik, Motorik, Keterampilan Sosial, dan Emosional. Cetakan 1. Malang: Wineka Cipta.
Hayudi, H. & Kurniawan, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Olahraga Permainan Kecil. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga), 3(2), 178-187.
H.J.S Husdarta. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
H.J.S Husdarta & Nurlan Kusmaedi (2010). Pertumbuhan dan Perkembangan (Olahraga dan Kesehatan). Bandung: Alfabeta
Kurnia, D., dan Septiana, R. A. (2020). Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani. Physical Activity Journal (PAJU), 2(1), 90-99.
Pupuh Faturrohman & Sobry Sutikno (2010). Strategi Belajar Mengajar: Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama
Rusli Lutan. (2000). Strategi Belajar Penjas. Direktorat Jendral Olahraga: Depdiknas
Sungkono (2003). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY
DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v6i1.34506
Article Metrics
Abstract view : 169 timesPDF - 147 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PRESTASI