PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS V SDN 76/IX MENDALO DARAT
DOI:
https://doi.org/10.24114/jp.v6i2.34570Keywords:
Video Pembelajaran, Passing Bawah, Bola VoliAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan video pembelajaran passing bawah bola voli serta melihat kelayakan media video pembelajaran passing bawah bola voli. Penggunaan media video pembelajaran passing bawah bola voli siswa diharapkan dapat membantu siswa memahami materi dengan baik serta siswa dapat lebih aktif dalam belajar tentang pembelajaran bola voli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R and D) yakni metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk tertentu beserta menguji kevalidan suatu produk. Produk di uji oleh dua orang ahli yaitu satu ahli materi dan satu ahli media, selanjutnya produk dilakukan uji kelompok kecil dengan melibatkan 10 orang siswa dan setelah itu dilakukan uji kelompok besar dengan melibatkan 26 orang siswa. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran video passing bawah pada siswa SD Negeri 76/IX Mendalo Darat menunjukkan ketegori œSangat Baik untuk digunakan sebagai media mengenalkan dan mempelajari Passing bawah bola voli. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dari ahli materi 91% dan dari ahli media 87% serta berdasarkan uji coba kelompok kecil kepada siswa sebesar 97%, dan uji coba kelompok besar kepada siswa sebesar 96%.References
Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Solo: Era Pustaka Utama
A Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based Instructional Design. California: Pfeiffer.
Andi Prastowo. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Asim. (2002). œLangkah-langkah Penelitian Pengembangan Disajikan dalam Lokakarya Nasional Angkata II, Metodologi Penelitian Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Pribadi, Benny A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Pupuh Faturrohman & Sobry Sutikno. (2010). Strategi Belajar Mengajar: Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama
Riyana, Cheppy. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Sawi Sujarwo & Rina Oktaviana, œPengaruh Warna terhadap Shot Term Memory pada Siswa Kelas VIII SMPN 37 Palembang. PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami Vol.3 No.1 Juni 2017, hal.40
Simamora, Barton Supriadi. (2019). Aktif Berolahraga. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas V SD/MI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Sudarwan Danim, (2010). Perkembangan Peserta didik. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
________ .(2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
________ .(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta
Suharno HP. (1981). Metodik Melatih Permainan Bola Volley. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PPs UPI dan PT Remaja Rosdakarya.
Suryadi. (2007). Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta. Penerbit EDSA Mahkota
Wasis D. Dwiyogo. (2004). Konsep Penelitian & Pengembangan, Disajikan pada Lokakarya Metodologi Penelitian Jurusan Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Malang: Universitas Negeri Malang.
Widodo, P. Bn (2006). Reabilitas dan Validitas kontruk skala konsep diri untuk mahasiswa Indonesia. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro,3 (1), 1-9
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL PRESTASI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.