PERBAIKAN PROSES BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODIFIKASI ALAT

Putra Arima, Tarsyad Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses belajar passing bawah bola voli melalui metode pembelajaran inkuiri dan modifikasi alat. Penelitian dilaksanakan di MTs Swasta Al-Washliyah Medan. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII dengan jumlah 25 orang. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrument penelitian yang digunakan yaitu penilaian teknik dasar passing bawah bola voli. Data yang terkumpul dilakukan analisis sehingga diperoleh hasil bahwa di siklus I terdiri dari 13 orang siswa (52%) tuntas, sedangkan 12 orang siswa (48%) belum tuntas. Persentase nilai rata-rata 60.67%. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum secara klasikal yaitu 85%. Siklus II diperoleh hasil 22 orang siswa (88%) tuntas dan 3 orang siswa (12%) belum tuntas. Persentase nilai rata-rata 74.67%. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum secara klasikal. Peningkatan hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yakni 14% dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 36%. Maka dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran inkuiri dan modifikasi alat dapat memberikan pengaruh terhadap perbaikan proses belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII.


Keywords


Inkuiri, Passing Bawah

Full Text:

PDF

References


Agus Kristiyanto (2010). Penelitian TIndakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. Sebelas Maret University Press.

Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Bandi Utama, A.M. (2011). Pembentukan karakter Anak Melalui Aktivitas Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 8 (1), hal 1-9. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3477 doi: 10.21831/jpji.v8i1.3477.

Depdiknas, (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Dwiyogo, W. D., & Cholifah, P. S. (2016). Continuing Professional Development for Physical Education Teacher in Elementary School through Blended Learning. International Conference on Education 2018, Education and Innovation in Science in the Digital Era, 948–955. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Pambudi, M Iqbal., Winarno M.E., dan Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 4 (1). Hal 110-116. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11906/5652

Sanjaya,Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v6i2.42573

Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF - 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PRESTASI