EVALUASI PRESTASI ANGKAT BESI DI SEKOLAH KHUSUS OLAHRAGAWAN (SKO) RAGUNAN KEMENPORA

Junaedi - junaedi, Juli Candra, Truly Wangsalegawa

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara pendidikan dan olahraga serta upaya pemerintah untuk menciptakan generasi bangsa sedini mungkin yang sehat jasmani dan rohani, memiliki sifat kompetitif serta mempunyai kesadaran sosial yang tinggi, meliputi aspek rekrutmen atlet dan pelatih, program dan kepelatihan yang terarah, aspek program pembinaan berjenjang dan berkelanjutan, ketersediaan sarana dan prasarana serta strategi pencapaian prestasi yang terarah dan terukur melalui Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan Kemenpora sehinga dapat berprestasi di tingkat nasional, regional dan internasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini CIPP Model (Stufflebeam & Shinkfield) dengan metode penelitian yaitu penelitian kualitatif deskriptif model etnografi Spradley. Adapun subyek penelitian terdiri dari atlet, pelatih, dan pengurus Sekolah khusus Olahragawan Ragunan (SKO) Kemenpora. Adapun hasil penelitian bahwa (1) aspek rekruitmen (X1) mempunyai hubungan dengan aspek pembinaan (X3) dan bersama-sama dalam penelitian ini mempunyai hubungan dengan peningkatan prestasi (Y) Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan Kemenpora. (2) Aspek Kepelatihan (X2) mempunyai hubungan dan signifikan mempengaruhi peningkatan Prestasi (Y) atlet Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan Kemenpora. (3) Aspek sarana dan prasarana (X4) mempunyai hubungan mempengaruhi peningkatan prestasi (Y) atlet Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan Kemenpora akan tetapi membutuhkan perhatian khusus dalam hal peremajaan alat, penambahan alat yang lebih modern serta peningkatan keamanan dan kenyamanan dalam latihan.


Keywords


Angkat Besi, Evaluasi, Sekolah Khusus Olahragawan

Full Text:

PDF

References


Akhmad, I. (2012). Kebijakan pemerintah tentang pembinaan olahraga nasional pada fase pembibitan. Sportif, 6(1), 12–23.

Ansory, & Indrasari. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. 2020.

Arjun, M. (2019). ANGKAT BESI. November, 16–25.

Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913

Bidang, D., Sentra, B., Baku, M., Mengajukan, P., Pembudayaan, B., Sentra, P., & Verifikasi, L. H. (n.d.). SOP ( Standar Operasional Prosedur ) Fasilitasi Sentra dan Perkumpulan Olahraga.

Disdikpora. (2019). Standar Bangunan Olahraga. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Iii, B. A. B. (2015). Dan Penggabungan. 58–78.

International Weightlifting Federation. (2019). Technical and competition rules and regulations. 98. https://www.iwf.net

Irmansyah, J. (2017). Evaluasi program pembinaan prestasi cabang olahraga bola voli pantai. Jurnal Keolahragaan, 5(1), 24. https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.12759 sejarah pabbsi ab dan abt-1. (n.d.).

Sofyan Hanif, A. (2015). Evaluasi Terhadap Sekolah Khusus Olahragawan Smp/Sma Ragunan Jakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 243–255. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4231

Studi, P., Matematika, P., & Semarang, U. N. (2020). diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Pendidikan Oleh.

Suntoda, A. (2000). Tes, Pengukuran, Dan Evaluasi Dalam Cabang Olahraga. Drs. Andi Suntoda S., M.Pd. Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Tahun 2009, 1–32. file:///C:/Users/Nay/Documents/skripsi baru/Pntrn_Softball.pdf

Supratman, B. (1985). Hakikat Olahraga. Uns, 8–80. https://abstrak.uns.ac.id/wisuda/upload/A121508060_bab2.pdf

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley. Research Gate, March, 1–9. https://www.researchgate.net/publication/323557072

Ansory & Indrasari, 2018; Bangun, 2019; Bidang et al., n.d.; Iii, 2015; Irmansyah, 2017; Jenis et al., 2007; Jurnal 2 Komitmen Organisasi (Organizational Commitment), n.d.; Rubiyanto, 2013; Studi et al., 2020; Wijaya, 2018)

Fahmi, Irham. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v7i1.47383

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PRESTASI