PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET MENGGUNAKAN METODE RESIPROKAL DAN MEDIA AUDIO VISUAL PELAJAR SMA KELAS XI

Sabaruddin Yunis Bangun, Ardi Nusri, Samuel Fernando Sihaloho

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribble bola basket melalui metode resiprokal dan media audio visual pada pelajar SMS kelasXI. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa kelas XI-MIA5berjumlah 32 orang, terdiri dari 14putra dan 18 putri. Data diperoleh dari tes hasil belajar teknik dasar dribble bola basket sebelum dan sesudah menggunakan penerapan metode resiprokal dan media audio visual.Hasil analisis data: (1) tes hasil belajar sebelum menggunkan metode resiprokal dan media audio visual (pre-tes) diperoleh 14 siswa (43,75%)mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (56,25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, maka nilai rata-rata 67,96. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan metode resiprokal dan media audio visual. (2) tes hasil belajar menggunakan metode resiprokal dan media audio visual di siklus I diperoleh 20 siswa (62,5%) mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (37,5%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 70,57.Kemudian dilakukan kembali pembelajaran menggunakan metode resiprokal dan media audio visual pada penilaian hasil belajar siklus II, mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 28 siswa (87,50%) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (12,50%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 76,56. Kesimpulan bahwa melalui penerapan metode resiprokal dan mengunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar dribble bola basket pelajar SMA Kelas XI.


Keywords


Dribble, Bola Basket, Resiprokal, Media

Full Text:

PDF

References


Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 4, No. 1: 87–93.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2006). Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Balitbang Depdiknas

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Dwi Susilowati (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran, Edunomika, Vol. 02, No. 1: 36-46.

Galih dkk, (2016). Pengaruh gaya mengajar resiprokal dan motivasi Berprestasi terhadap hasil Pembelajaran senam lantai. Journal of Physical Education and Sport, Vol. 5, No. 1: 1-7.

Junaidi. (2016). Pengaruh gaya mengajar resiprokal dalam pembelajaran permainan bola voli terhadap pengembangan kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Vol. 1, No. 1: 17-26.

Nurussalami. (2022). Pengelolaan Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Intelektualita Prodi MPI, Vol. 11, No. 1: 125-138.

Mosston, M. & Ashworth, S. 1994. Teaching Physical Education Fourth Edition. New York: Mac Millan College Publishing Inc.

Muh. Akib. (2021). Beberapa Pandangan Tentang Guru Sebagai Pendidik. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 19, No. 1: 75-98.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Peppy, Agung. (2022). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Perkembangan Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Educatio, Vol. 8, No. 2: 466-473.

Safrida. (2021). Implementasi Kebijakan Pemerintah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Aceh Barat. PUBLIKAUMA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik UMA, Vol. 9, No. 2: 71-80.

Saptorini dkk. (2013). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru Kimia Kabupaten Kendal Dalam Mendesain Penelitian Tindakan Kelas, Jurnal Penelitian Pendidikan: Vol. 30, No. 2: 113-140




DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v7i1.47413

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PRESTASI