Perbandingan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 6-8 Tahun Antara Olahraga Tim dan Individu

Pulung Riyanto, Efretus Daluk, Jori Lahinda, Heri Yusuf Muslihin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Perbedaan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 6-8 Berdasarkan Olahraga Tim Dan Individu. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun penelitian ini di lakukan di Sekolah Dasar Mopah Lama Merauke. Populasi penelitian ini adalah semua Siswa Kelas 1-3 Sekolah Dasar. Instrument untuk mengukur keterampilan gerak dasar berdasarkan dimensi kemampuan siswa dalam menjalakan serangkai gerak yang diujikan, yaitu berupa locomotor dan manipulative. Karena di dalam Test of Gross Motor Development–2(TGMD-2). Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan motorik untuk kelas atas siswa sekolah dasar. Instrumen yang digunakan adalah instrumen Test of Gross Motor Skill–(TGMD) untuk Sekolah Dasar. Penelitian ini dapat menjadi acuan dan manfaat bagi cabang olahraga lainnya dalam memastikan atletnya atau anak dapat mencapai perkembangan motorik kasar yang maksimal. Penting juga untuk memastikan bahwa usia anak pada tahap awal ini sejalan dengan periode perkembangan motorik kasar mereka dan dapat berkontribusi pada keterlibatan mereka dalam olahraga dan kehidupan mereka. Tes perkembangan motorik kasar dilakukan pada anak pada tahap awal sekolah dalam penelitian ini menghasilkan tingkat rata-rata dan di bawah rata-rata. Beberapa faktor dapat mempengaruhi temuan penelitian ini, seperti terlalu banyak prosedur untuk mereka ingat dan lakukan dalam tes TGMD-2. Siswa juga mungkin tidak terbiasa dengan beberapa kesulitan dalam tes tertentu. Siswa mungkin tidak pernah melakukannya dalam pelatihan atau kehidupan sehari-hari, seperti berpacu, memantul, memukul bola yang diam, dan menggelindingkan bola.


Keywords


Perkembangan Motorik, Motorik Kasar

Full Text:

PDF

References


Bafirman, Bafirman, and Asep Sujana Wahyuri. 2018. “Pembentukan Kondisi Fisik.” Depok: Rajagrafindo

Bellows, Laura L., Patricia L. Davies, Jimikaye B. Courtney, William J. Gavin, Susan L. Johnson, and Richard E. Boles. 2017. “Motor Skill Development in Low-Income, at-Risk Preschoolers: A Community-Based Longitudinal Intervention Study.” Journal of Science and Medicine in Sport 20(11):997–1002.

Damayanti, Denidya. 2013. “Panduan Islami Perawatan Bayi Dari Minggu Ke Minggu.”

Dewi, Mera Putri, S. Neviyarni, and Irdamurni Irdamurni. 2020. “Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(1):1–11.

Farida, Aida. 2016. “Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Raudhah 4(2).

Fikriyah, Siti Nur. 2021. “Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 Di Sekolah Dasar Negeri Tajem.” Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1):200–207.

Hidayanti, Maria. 2013. “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 7(1):195–200.

Kesuma, Ulfa, and Khikmatul Istiqomah. 2019. “Perkembangan Fisik Dan Karakteristiknya Serta Perkembangan Otak Anak Usia Pendidikan Dasar.” Madaniyah 9(2):217–36.

Komaini, Anton. 2017. “Fundamental Motor Skills of Kindergarten Students (a Survey Study of the Influence of Financial Condition, Playing Activity, and Nutritional Status).” P. 12156 in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. Vol. 180. IOP Publishing.

Kurniawati, Faidah. 2013. “Pembelajaran Tari Lenggang Alit Untuk Mengurangi Hambatan Motorik Kasar Anak Autis Di SDN.” Jurnal Pendidikan Khusus 3(3).

Liu, Ting, Chelsea Hoffmann, and Michelle Hamilton. 2017. “Motor Skill Performance by Low SES Preschool and Typically Developing Children on the PDMS-2.” Early Childhood Education Journal 45(1):53–60.

Muarifah, Alif, and N. Nurkhasanah. 2019. “Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak.” Journal of Early Childhood Care and Education 2(1):14.

Ni’mah, Syafa’atun. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Film Animasi Pasoa Dan Sang Pemberani Dalam Upaya Menumbuhkan Sikap Kepedulian Terhadap Lingkungan Anak Usia Dini Di RA Miftahul Huda 1 Dawe Kudus.”

Playford, Christopher James, Chris Dibben, and Lee Williamson. 2017. “Socioeconomic Disadvantage, Fetal Environment and Child Development: Linked Scottish Administrative Records Based Study.” International Journal for Equity in Health 16(1):1–13.

Ramdani, Luthfi Aji, and Nur Azizah. 2019. “Permainan Outbound Untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):482–90.

Rey, Ezequiel, Aida Carballo-Fazanes, Cristina Varela-Casal, Cristian Abelairas-Gómez, and ALFA-MOV Project collaborators. 2020. “Reliability of the Test of Gross Motor Development: A Systematic Review.” PLoS One 15(7):e0236070.

Rizki, Hakiki, and Rachmi Marsheilla Aguss. 2020. “Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19.” Journal Of Physical Education 1(2):20–24.

Sabani, Fatmaridha. 2019. “Perkembangan Anak-Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6–7 Tahun).” Didaktika: Jurnal Kependidikan 8(2):89–100.

Shams, Amir, and Roshanak Vameghi. 2018. “Relationship between Age, Gender and Body Mass Index with Performance of Fundamental Motor Skills among Children Aged 7-10 Years.” Health Education and Health Promotion 6(1):39–52.

Syafril, Syafrimen, Ria Susanti, and Rifda El Fiah. 2018. “Enam Cara Pengembangan Motorik Halus Anak Melalui Metode Pemberian Tugas.”

Yang, Shu-Chu, Shu-Jung Lin, and Chia-Yen Tsai. 2015. “Effect of Sex, Age, and BMI on the Development of Locomotor Skills and Object Control Skills among Preschool Children.” Perceptual and Motor Skills 121(3):873–88.

Yundarini, N. M. C., N. K. Sawitri, and P. A. Utami. 2014. “Hubungan Antara Citra Tubuh Dengan Perilaku Makan Pada Remaja Putri Di SMA Dwijendra Denpasar.” Naskah Tidak Dipublikasikan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Bali.




DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v7i2.52995

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PRESTASI