PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED EXERCISE PADA MATA KULIAH KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA IKOR STOK BINA GUNA

Filli Azandi, Roy Try Putra, Agung Nugroho, Ramlan Saputera Sagala

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran blended exercise materi kekuatan otot pada mata kuliah kebugaran jasmani. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R & D) merujuk pada Borg and Gall. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Ilmu keolahragaan  (IKOR) pada Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna Medan pada bulan Mei sampai bulan Agustus tahun 2023. Adapun  subyek penelitian yaitu mahasiswa IKOR yang mengambil mata kuliah Kebugaran Jasmani berjumlah 30 mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 8 model pembelajaran materi kekuatan otot yang layak untuk perkuliahan kebugaran jasmani. Adapun hasil uji efektivitas model menggunakan uji-t diperoleh nilai t hitung sebesar -12,672 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000. Oleh karena signifikasi < a (0,000<0,05) maka Ho ditolak atau dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kebugaran jasmani antara sebelum dan sesudah pelaksanaan uji model. Berdasarkan tabel dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk data pre-test adalah sebesar 15,15 dan nilai rata-rata untuk data post-test adalah sebesar 18,05. Hal ini menunjukkan tingkat kesegaran jasmani mahasiswa sesudah diberi perlakuan meningkat sebesar 19,14 %.


Keywords


Blended Exercise, Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Bompa, T. (2009). Periodization Training of Sport: Theory and Methodology of. Training. United of State America: Human Kinectics

Borg. W. R. & Gall M.D. (1983). Education Research: an Introduction. New York: Logman.

Dwiyogo, W. D. (2008). Aplikasi Teknologi Pembelajaran Media Pembelajaran Penjas dan Olahraga. Malang: FIP UM.

Harsono. (2001). Latihan Kondisi Fisik. Bandung: Senerai Pustaka.

John W. Santrock. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Muhajir. (2004). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Priansa, Juni. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung. CV. Pustaka Setia.

Winarno, M.E. (2007). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang




DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v7i2.53732

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PRESTASI