Pengaruh Kecepatan dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Di SSB Medan Satria U-16

Reyhan Chafidz, Eskar Tri Denatara, Faridatul ‘Ala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan dan kelincahan terhadap keterampilan dribbling siswa SSB Satria Medan U-16. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SSB Satria Medan U-16. Sampel yang diambil dari hasil purposive sampling berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan dribbling bola. Analisis data yang digunakan menggunakan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kecepatan dan kelincahan terhadap kemampuan dribbling siswa U-16 di SSB Medan Satria. Berdasarkan hasil perhitungan uji t, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05 dengan t hitung = 9,970 > 2,093 maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa jika H0 ditolak maka Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan uji t, diperoleh nilai sig.          (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05 dengan t hitung = 13,210 > 2,093 maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa jika H0 ditolak maka Ha diterima. Maka dapat dijelaskan bahwa terjadi peningkatan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kecepatan dan kelincahan terhadap skill dribbling di SSB Medan Satria U-16.


Keywords


Kecepatan, Kelincahan, Menggiring Bola

Full Text:

PDF

References


Harsono. (2015). Kepelatihan Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutohir, Toho Cholik dan Maksum Ali. (2007). Sport Development Index (konsep, Metodologi dan Aplikasi) Alternatif Baru Mengukur Kemajuan Pembangunan Bidang Keolahragaan. Jakarta: Bessindo Primalaras

Rusli Lutan.(2022). Belajar Ketrampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti Depdikbud

Schuster, S. J., Bishop, M. R., Tam, C. S., Waller, E. K., Borchmann, P., Mcguirk, J. P., Jäger, U., Jaglowski, S., Andreadis, C., Westin, J. R., Fleury, I., Bachanova, V., Foley, S. R., Ho, P. J., Mielke, S., Magenau, J. M., Holte, H., Pantano, S., Pacaud, L. B., … Maziarz, R. T. (2019). Tisagenlecleucel In Adult Relapsed Or Refractory Diffuse Large B-Cell Lymphoma. New England.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukadiyanto. (2010). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung




DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v7i2.53737

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Reyhan Chafidz, Eskar Tri Denatara, Faridatul ‘Ala