MENGUAK LITERASI FISIK: STUDI PADA PESERTA DIDIK SD FAJAR INDAH DKI JAKARTA

Authors

  • Muh. Ali Akbar Universitas Pamulang
  • Harry Saputra Nasution Universitas Pamulang
  • Wendri Maryadi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jp.v8i2.64341

Keywords:

Literasi Fisik, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi fisik siswa kelas 4, 5, dan 6 di SD Fajar Indah DKI Jakarta berdasarkan empat indikator utama: motivasi, kompetensi fisik, pengetahuan dan pemahaman, serta partisipasi aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi. Data dianalisis secara statistik untuk mengidentifikasi tren dan perbedaan antar kelas. Hasil menunjukkan bahwa motivasi dan partisipasi aktif siswa berada pada kategori tinggi, sementara kompetensi fisik dan pengetahuan serta pemahaman menunjukkan tren meningkat, tetapi masih perlu penguatan pada aspek kognitif. Kesimpulan menunjukkan bahwa program pendidikan jasmani di SD Fajar Indah telah efektif dalam meningkatkan literasi fisik siswa, terutama pada aspek afektif dan keterlibatan aktif. Namun, peningkatan pada dimensi kognitif perlu dilakukan untuk mendukung perkembangan literasi fisik secara holistik.

References

Allingham, S., Maude, P., & Whitehead, M. (2019). Physical literacy in early childhood. The Physical Development Needs of Young Children, September, 18–32. https://doi.org/10.4324/9780429469831-3

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (4th ed.). Rineka Cipta.

Cairney, J., Dudley, D., Kwan, M., Bulten, R., & Kriellaars, D. (2018). Physical literacy, physical activity, and health: Toward an evidence-informed conceptual model. Sports Medicine, 49(3), 371–383. https://doi.org/10.1007/s40279-018-0988-y

Chen, A., Sun, H., & Zhu, X. (2017). Physical literacy and its policy implications in China. Journal of Sport and Health Science, 6(4), 365–366. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2017.09.004

Chen, A. (2015). Operationalizing physical literacy for learners: Embodying the motivation to move. Journal of Sport and Health Science, 4(2),

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. Springer.

Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2012). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Giblin, S., Collins, D., & Button, C. (2014). Physical Literacy : Importance , Assessment and Future Directions. 1177–1184. https://doi.org/10.1007/s40279-014-0205-7

Gustian, U., Supriatna, E., & Purnomo, E. (2019). Learning Activity to Develop Physical Literacy in Kindergarten. 278(YISHPESS), 204–207. https://doi.org/10.2991/yishpess-cois-18.2018.52

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lundvall, S. (2015). ScienceDirect Physical literacy in the field of physical education e A challenge and a possibility. Journal of Sport and Health Science, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2015.02.001

Mandigo, J., Francis, N., Lodewyk, K., & Lopez, R. (2012). Physical literacy for educators. Physical & Health Education Journal, 75(3), 27–30.

Permana, R., & Habibie, A. (2020). Analisis Assesmen Literasi Jasmani dengan Kebutuhan Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Muhammadiyah Tasikmalaya. 221–226.

Thomas, J. R., Lee, A. M., & Thomas, K. T. (2019). Motor development: Understanding physical literacy through developmental stages. Kinesiology Review, 8(1), 9–16. https://doi.org/10.1123/kr.2019-0011

Whitehead, M. (2010). Physical literacy: Throughout the lifecourse. In Physical Literacy: Throughout the Lifecourse. https://doi.org/10.4324/9780203881903.

Downloads

Published

2024-12-28