IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENDIDIKAN JASMANI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jp.v8i2.64371Keywords:
Implementasi, Artificial Intelligence, Pendidikan JasmaniAbstract
Artificial Intelligence (AI) telah menjadi salah satu inovasi terpenting dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan jasmani. Artikel ini membahas implementasi AI dalam pendidikan jasmani, dengan fokus pada peningkatan pengalaman belajar, analisis performa fisik, dan pengembangan program latihan yang lebih efektif. AI dapat digunakan untuk menganalisis data performa siswa secara real-time, memberikan umpan balik yang lebih akurat, serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. AI dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang mendorong kolaborasi antar siswa dalam kegiatan fisik, sehingga meningkatkan interaksi sosial dan keterampilan kerja sama. Pada pendidikan jasmani, di mana kolaborasi dan kerja sama sangat penting, penggunaan platform berbasis AI dapat dirancang sedemikian rupa agar tetap mendorong terjadinya interaksi sosial antara siswa. Data dari studi kasus dan wawancara dengan pendidik jasmani yang telah menerapkan teknologi AI menunjukkan bahwa AI dapat meningkatkan motivasi siswa, memberikan umpan balik yang lebih cepat dan akurat, serta membantu dalam perencanaan latihan yang lebih personal. Kesimpulan dari pembahasan ini bahwa penting untuk mendorong proyek pendidikan jasmani berbasis AI yang menciptakan model pembelajaran yang dapat digunakan melibatkan guru secara langsung (offline) atau pembelajaran siswa secara mandiri (online) namun tetap menekankan pada sosialisasi dan kolaborasi antar siswa sehingga implementasi AI dalam pendidikan jasmani dapat dirasakan sebagai wujud langkah menuju pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif.References
Chen, M., & Zhang, Y. (2020). The role of artificial intelligence in education: A review of the literature. Journal of Educational Technology, 45(3), 123-135.
Johnson, L., & Adams Becker, S. (2019). Horizon Report: 2019 Higher Education Edition. New Media Consortium.
Kearney, M., & Maher, D. (2021). The impact of artificial intelligence on education: A systematic review of the literature. Educational Research Review, 16(2), 45-60.
Liu, Y., & Wang, J. (2022). Personalized Learning Through Artificial Intelligence in Physical Education: Opportunities and Challenges. International Journal of Sports Science, 10(4), 299-310.
Smith, R., & Jones, T. (2023). Gamification and Artificial Intelligence in Physical Education: Enhancing Student Engagement and Performance. Journal of Physical Education and Sport, 22(1), 15-29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irwansyah Siregar, Abdul Harris Handoko, Bangun Setia Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.