BUKU ELEKTRONIK SCOUTING EDUCATION BERBASIS KURIKULUM OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) DI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

Authors

  • Saipul Ambri Damanik Universitas Negeri Medan
  • Suryadi Damanik Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Chairad Universitas Negeri Medan
  • Al Husna Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jp.v8i2.64373

Keywords:

E-Book, Kurikulum OBE

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa buku elektronik (e-book) berbasis Kurikulum Outcome Based Education (OBE) sebagai literasi teknologi, sumber belajar serta media alternatif, yang dapat memudahkan cara belajar mahasiswa, dirancang sesuai dengan karakteristik mahasiswa, dengan harapan dapat dapat meningkatkan minat baca, pengetahuan dan untuk bahan menyelesaikan tugas Critical Book Report (CBR) terhadap mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan September tahun 2024 di Program Studi PJKR FIK Universitas Negeri Medan dengan subyek penelitian yakni mahasiswa PJKR yang mengambil matakuliah Kepramukaan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen angket penilaian e-book. Hasil penilaian menunjukkan bahwa pada buku elektronik scouting education berbasis kurikulum outcome based education memiliki kesesuaian materi dengan capaian pembelajaran lulusan sudah sesuai, materi ajar dan pendalaman materi ajar sudah sesuai, kelengkapan penyajian dan kebahasaan sudah sesuai dan kemudahan penggunaan e-book yang dapat digunakan oleh mahasiswa secara mandiri.

References

Ahmad Zubair. (2014). Satya: Ragam Intisari Kepramukaan Super Lengkap. Medan: Perdana Publishing.

Ambri Damanik Saipul. (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib Di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 13 (2) Juli – Desember 2014: ISSN 1693-1475

Borg, W.R. & Gall, M.D. (2007). Educational Research an Introduction. New York: Longman.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka CiptaSetyosari

Dwi Mentari, Sumpono, Aceng Ruyani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-book Berdasarkan Hasil Riset Elektroforesis 2-d untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2018: 2(2), 131-134.

Maziyah, A., & Pangestuti, A. A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Outdoor Education untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA/MA pada Materi Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 430–439. https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1520

Mentari, Dwi dkk. (2008). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berdasarkan Hasil Riset

Elektroforesis 2-D untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education. 2 (2). Diakses dalam https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/view/4651.

Moody, A. K. (2010). Using Electronic Book in the Classroom to Enhance

Emergent Literacy Skills in Young Children. Journal of Literacy and Technology, 11 (4): 22-52.

Nasrul Makdis. (2020). Penggunaan E-Book Pada Era Digital. Al-Maktabah Vol.19, Mei 2020. doi: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v19i1.21058

Oktafiany Widhi Astuti, Djoko Dwi Kusumajanto. (2017). Development of Electronic Book (E-Book) EPUB-Based for Display Course. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Volume 3 Number 2 2017, Page 157 – 164. Doi:http://dx.doi.org/10.17977/um003v3i22017p157

Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenda Media Group.

Putranto, Bambang. (2015). Tips Menangani Mahasiswa yang Membutuhkan Perhatian Khusus.Yogyakarta: Penerbit DIVA Press

Rinne Dwi Safitri dan Harmanto. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Materi Mewaspadai Ancaman Terhadap Kedudukan NKRI Bagi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 10 Nomor 3 Tahun 2022, 668 – 682.

Sudijono, Anas (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & pengembangan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunardi Andri Bob. (2013). Boyman Ragam Latih Pramuka. Bandung: Nuansa Muda

Sutrisza Rahmadhani, Supriadi, Riri Okra, Liza Efriyanti. (2022). Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Wajib Pramuka. Intellect: Indonesian Journal of Innovation Learning and Technology- Vol. 01 No. 01 (June 2022) pp, 88 - 97

Widodo. (2016). Pengantar E-Book. Disampaikan dalam Bimbingan Teknik bagi Petugas Pengelola Perpustakaan Sekolah, yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Madiun, di Graha Eka Kapti Lantai II Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan. Diakses dalam https://library.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2016/04/EBOOK.pdf.

Ya-Ling Chen, Sitong Fan, Zhongyuan He. (2012). Exploratory Research: The Effects of Electronic Books on College Students. Johnson & Wales University, Providence, RI. https://scholarsarchive.jwu.edu/mba_student/14

Downloads

Published

2024-12-28