BUKU ELEKTRONIK SCOUTING EDUCATION BERBASIS KURIKULUM OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) DI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jp.v8i2.64373Keywords:
E-Book, Kurikulum OBEAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa buku elektronik (e-book) berbasis Kurikulum Outcome Based Education (OBE) sebagai literasi teknologi, sumber belajar serta media alternatif, yang dapat memudahkan cara belajar mahasiswa, dirancang sesuai dengan karakteristik mahasiswa, dengan harapan dapat dapat meningkatkan minat baca, pengetahuan dan untuk bahan menyelesaikan tugas Critical Book Report (CBR) terhadap mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan September tahun 2024 di Program Studi PJKR FIK Universitas Negeri Medan dengan subyek penelitian yakni mahasiswa PJKR yang mengambil matakuliah Kepramukaan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen angket penilaian e-book. Hasil penilaian menunjukkan bahwa pada buku elektronik scouting education berbasis kurikulum outcome based education memiliki kesesuaian materi dengan capaian pembelajaran lulusan sudah sesuai, materi ajar dan pendalaman materi ajar sudah sesuai, kelengkapan penyajian dan kebahasaan sudah sesuai dan kemudahan penggunaan e-book yang dapat digunakan oleh mahasiswa secara mandiri.References
Ahmad Zubair. (2014). Satya: Ragam Intisari Kepramukaan Super Lengkap. Medan: Perdana Publishing.
Ambri Damanik Saipul. (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib Di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 13 (2) Juli – Desember 2014: ISSN 1693-1475
Borg, W.R. & Gall, M.D. (2007). Educational Research an Introduction. New York: Longman.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka CiptaSetyosari
Dwi Mentari, Sumpono, Aceng Ruyani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-book Berdasarkan Hasil Riset Elektroforesis 2-d untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2018: 2(2), 131-134.
Maziyah, A., & Pangestuti, A. A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Outdoor Education untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA/MA pada Materi Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 430–439. https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1520
Mentari, Dwi dkk. (2008). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berdasarkan Hasil Riset
Elektroforesis 2-D untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education. 2 (2). Diakses dalam https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/view/4651.
Moody, A. K. (2010). Using Electronic Book in the Classroom to Enhance
Emergent Literacy Skills in Young Children. Journal of Literacy and Technology, 11 (4): 22-52.
Nasrul Makdis. (2020). Penggunaan E-Book Pada Era Digital. Al-Maktabah Vol.19, Mei 2020. doi: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v19i1.21058
Oktafiany Widhi Astuti, Djoko Dwi Kusumajanto. (2017). Development of Electronic Book (E-Book) EPUB-Based for Display Course. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Volume 3 Number 2 2017, Page 157 – 164. Doi:http://dx.doi.org/10.17977/um003v3i22017p157
Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenda Media Group.
Putranto, Bambang. (2015). Tips Menangani Mahasiswa yang Membutuhkan Perhatian Khusus.Yogyakarta: Penerbit DIVA Press
Rinne Dwi Safitri dan Harmanto. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Materi Mewaspadai Ancaman Terhadap Kedudukan NKRI Bagi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 10 Nomor 3 Tahun 2022, 668 – 682.
Sudijono, Anas (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & pengembangan R&D. Bandung: Alfabeta
Sunardi Andri Bob. (2013). Boyman Ragam Latih Pramuka. Bandung: Nuansa Muda
Sutrisza Rahmadhani, Supriadi, Riri Okra, Liza Efriyanti. (2022). Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Wajib Pramuka. Intellect: Indonesian Journal of Innovation Learning and Technology- Vol. 01 No. 01 (June 2022) pp, 88 - 97
Widodo. (2016). Pengantar E-Book. Disampaikan dalam Bimbingan Teknik bagi Petugas Pengelola Perpustakaan Sekolah, yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Madiun, di Graha Eka Kapti Lantai II Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan. Diakses dalam https://library.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2016/04/EBOOK.pdf.
Ya-Ling Chen, Sitong Fan, Zhongyuan He. (2012). Exploratory Research: The Effects of Electronic Books on College Students. Johnson & Wales University, Providence, RI. https://scholarsarchive.jwu.edu/mba_student/14
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Saipul Ambri Damanik, Suryadi Damanik, Muhammad Chairad, Al Husna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.