MINAT PESERTA DIDIK KELAS XI-5 SMAN 3 SEMARANG TERHADAP PENDEKATAN TARL MATERI SOFTBALL
DOI:
https://doi.org/10.24114/jp.v8i2.64374Keywords:
Minat, TARL, SoftballAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran softball di SMA Negeri 3 Semarang yang hanya menekankan teori saja, keterlibatan siswa secara langsung dalam praktek softball tidak dirasakan secara langsung dalam kegiatan pembelajaran dan hanya siswa tertentu yang memiliki minat pada olahraga tersebut, sehingga dikhawatirkan bagi siswa lain tidak memiliki minat pada olahraga ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa SMA Negeri 3 Semarang terhadap pendekatan TARL materi softball. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan deskpriptif kuantitatif dan instrumen penelitiannya menggunakan angket (kuesioner). Adapun sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI-5 SMA Negeri 3 Semarang dan teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa kelas XI-5 SMA Negeri 3 Semarang terhadap pendekatan TARL materi softball dominan tinggi yaitu sebanyak 22 siswa (71%), kemudian minat siswa sangat tinggi sebanyak 7 siswa (23%), minat siswa sedang sebanyak 2 siswa (6%), dan tidak terdapat minat siswa yang rendah dalam penerapan TARL pada materi softball ini.References
Binaoui, A., Moubtassime, M., & Belfakir, L. (2023). The Effectiveness of the TaRL Approach on Moroccan Pupils’ Mathematics, Arabic, and French Reading Competencies. International Journal of Education and Management Engineering, 13(3), 1–10. https://doi.org/10.5815/ijeme.2023.03.01
Hanatan, R. B., Yuniastuti, E., & Prayitno, B. A. (2023). Developing Interactive Digital Modules on Discovery Learning to Improve Students Learning Interest. Jurnal Teknodik, 81–98. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.862
Huwaidi, H., & Muthmainnah, R. N. (2024). Penerapan Pengisian Masing – Masing Pos Setelah Memukul Bola Soft Ball pada Siswa-Siswi SMA Muhammadiyah Wonosobo. 2839–2842.
Irwanto, E., Santoso, A. D., & Mislan. (2023). Buku Ajar Permainan Softball. https://kmedia.co.id/buku-ajar-permainan-softball/
Kesehatan, P. J., Dharma, S., Metro, W., Mulyojati, S. H., & Metro, K. (2022). Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, STKIP Dharma Wacana Metro, Jl. Soekarno Hatta Mulyojati 16 C Kota Metro, 34125.
Nastiti, D. (2021). Buku Ajar Asesmen Minat Dan Bakat Teori Dan Aplikasinya. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-74-2
Ni Nyoman Serma Adi, Dewa Nyoman Oka, & I Ketut Surata. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Terintegrasi Konsep Understanding By Design (Ubd) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Biologi. Widyadari, 25(1), 157–172. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i1.3662
Popescu, A. (2022). Innovation In Education. In Values, Models, Education. Contemporary perspectives. Eikon Publishing House. https://doi.org/10.56177/epvl.ch21.2022.en
Roji, & Yulianti, E. (2017). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan unutk SMP/MTs.
Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Zahra, K., Diansyah, A., & Gultom, I. M. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik. ALACRITY : Journal of Education, 107–118. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.248
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ihzadi Ahmad, Ibnu Fatkhu Royana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.