MINAT PESERTA DIDIK KELAS XI-5 SMAN 3 SEMARANG TERHADAP PENDEKATAN TARL MATERI SOFTBALL

Authors

  • Ihzadi Ahmad UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ibnu Fatkhu Royana UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.24114/jp.v8i2.64374

Keywords:

Minat, TARL, Softball

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran softball di SMA Negeri 3 Semarang yang hanya menekankan teori saja, keterlibatan siswa secara langsung dalam praktek softball tidak dirasakan secara langsung dalam kegiatan pembelajaran dan hanya siswa tertentu yang memiliki minat pada olahraga tersebut, sehingga dikhawatirkan bagi siswa lain tidak memiliki minat pada olahraga ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa SMA Negeri 3 Semarang terhadap pendekatan TARL materi softball. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan deskpriptif kuantitatif dan instrumen penelitiannya menggunakan angket (kuesioner). Adapun sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI-5 SMA Negeri 3 Semarang dan teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa kelas XI-5 SMA Negeri 3 Semarang terhadap pendekatan TARL materi softball dominan tinggi yaitu sebanyak 22 siswa (71%), kemudian minat siswa sangat tinggi sebanyak 7 siswa (23%), minat siswa sedang sebanyak 2 siswa (6%), dan tidak terdapat minat siswa yang rendah dalam penerapan TARL pada materi softball ini.

References

Binaoui, A., Moubtassime, M., & Belfakir, L. (2023). The Effectiveness of the TaRL Approach on Moroccan Pupils’ Mathematics, Arabic, and French Reading Competencies. International Journal of Education and Management Engineering, 13(3), 1–10. https://doi.org/10.5815/ijeme.2023.03.01

Hanatan, R. B., Yuniastuti, E., & Prayitno, B. A. (2023). Developing Interactive Digital Modules on Discovery Learning to Improve Students Learning Interest. Jurnal Teknodik, 81–98. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.862

Huwaidi, H., & Muthmainnah, R. N. (2024). Penerapan Pengisian Masing – Masing Pos Setelah Memukul Bola Soft Ball pada Siswa-Siswi SMA Muhammadiyah Wonosobo. 2839–2842.

Irwanto, E., Santoso, A. D., & Mislan. (2023). Buku Ajar Permainan Softball. https://kmedia.co.id/buku-ajar-permainan-softball/

Kesehatan, P. J., Dharma, S., Metro, W., Mulyojati, S. H., & Metro, K. (2022). Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, STKIP Dharma Wacana Metro, Jl. Soekarno Hatta Mulyojati 16 C Kota Metro, 34125.

Nastiti, D. (2021). Buku Ajar Asesmen Minat Dan Bakat Teori Dan Aplikasinya. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-74-2

Ni Nyoman Serma Adi, Dewa Nyoman Oka, & I Ketut Surata. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Terintegrasi Konsep Understanding By Design (Ubd) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Biologi. Widyadari, 25(1), 157–172. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i1.3662

Popescu, A. (2022). Innovation In Education. In Values, Models, Education. Contemporary perspectives. Eikon Publishing House. https://doi.org/10.56177/epvl.ch21.2022.en

Roji, & Yulianti, E. (2017). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan unutk SMP/MTs.

Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Zahra, K., Diansyah, A., & Gultom, I. M. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik. ALACRITY : Journal of Education, 107–118. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.248

Downloads

Published

2024-12-28