UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN LEMPAR PUKUL BOLA KERTAS PADA SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis atas bola voli pada siswa kelas VII SMP Swasta Berdikari Tanjung Keriahan Kecamatan Sirapit Kebupaten Langkat, melalui media pembelajaran lempar pukul bola kertas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa yang berbentuk aplikasi servis atas bola voli. Teknik pengumpulan data dengan penilaian hasil belajar servis atas bola voli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Melalui pembelajaran dengan media pembelajaran lempar pukul bola kertas, sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli pada siswa kelas VII SMP Berdikari Tanjung Keriahan Tahun ajaran 2014/2015. Dari analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hal ini diketahui dari tes awal 12 siswa yang tuntas (35,29%) dengan nilai rata-rata 60, disiklus I terdapat 22 siswa yang tuntas (64,70%) dengan nilai rata-rata 71, dan siklus II terdapat 30 siswa yang tuntas (88,23%) dengan nilai rata-rata 76.
Full Text:
HTMLDOI: https://doi.org/10.24114/jp.v1i1.6494
Article Metrics
Abstract view : 1659 timesHTML - 4221 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PRESTASI