MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO MATERI PEMBELAJARAN SMASH BOLA VOLI TINGKAT SMA SEDERAJAT
Keywords:
Media Pembelajaran, smash, bola voliAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan media pembelajaran Interaktif berbasis video pada materi smash dalam permainan bola voli siswa SMA. (2) Pemahaman efektivitas pengembangan media pembelajaran smash permainan bola voli siswa SMA dapat meningkatkan keterampilan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan metode pengembangan Sugiyono yang disederhanakan dari 10 tahapan menjadi 8 tahapan yaitu potensi dan permasalahan, pengumpulan data, perancangan produk, verifikasi desain, pengujian pemakaian, revisi produk, pengujian. Berdasarkan hasil studi, sumber pembelajaran berbasis audio visual yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator pada tahap awal, mendapatkan hasil rata-rata sebesar 79% terhitung kedalam kriteria “layak digunakan”. Kelayakan tersebut kemudian didasarkan pada respon siswa SMA Swasta Eria Medan, dengan hasil persentase sebesar 80% (termasuk kriteria “valid”) yang diperoleh pada uji coba kelompok yang melibatkan 15 siswa, sedangkan pada uji coba kelompok besar yang melibatkan 30 siswa menghasilkan hasil persentase sebesar 81% memenuhi kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil dan perbaikan yang diperoleh dari komentar dan saran, Kesimpulan penelitian media pembelajaran interaktif berbasis video layak digunakan untuk proses pembelajaran materi smash permainan bola voli yang digunakan.References
Alfa Dadi Putra, Hasna Salsabila. (2021). Pengaruh Media Interaktif dalam Perkembangan Kegiatan Pembelajaran pada Instansi Pendidikan. Inovasi Kurikulum. Vol. 18, No. 02; 231-241.
Bangun Sabaruddin Yunis. (2013). Analisis Tujuan Materi Pembelajaran dan Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Cerdas Sifa. Vol. 01, No. 01.
Calmorin, L. P. & Calmorin M. A. (1997). Statistics in Education and the Sciences: (with Application to Research) 1st ed. Manila: Rex Book Store.
Khaira, H. (2021). Exploring the use of video podcasts in education: A comprehensive review of the literature. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia (39-44). Medan: FBS Unimed Press.
Nurmaida S, Sukendro, Indryani, Ely Yuliawan. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas V SDN 76/IX Mendalo Darat. Jurnal Prestasi. Vol. 06, No. 02; 38-47.
Rohmalina, Wahab. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Salsabila Firdausia, Ince Prabu Setiawan, Abrina Maulidnawati. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif (Expllicit Instruction) Terhadap Karakter dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Murid. ALENA – Journal of Elementary Education. Vol. 01, No. 01; 1-14.
Sri Widoyoningrum, Anita Andriani, Indana Lazulfa. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Bagi Guru Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK) Vol.7 (303-308).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Joel Hutagalung, Prof. Dr. Sabaruddin Yunis Bangun, S.Pd., M.Pd, R. Syaifullah D. Sihombing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.