MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO MATERI PEMBELAJARAN SMASH BOLA VOLI TINGKAT SMA SEDERAJAT

Authors

  • Joel Hutagalung Universitas Negeri Medan
  • Prof. Dr. Sabaruddin Yunis Bangun, S.Pd., M.Pd Universitas Negeri Medan
  • R. Syaifullah D. Sihombing Universitas Negeri Medan

Keywords:

Media Pembelajaran, smash, bola voli

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan media pembelajaran Interaktif berbasis video pada materi smash dalam permainan bola voli siswa SMA. (2) Pemahaman efektivitas pengembangan media pembelajaran smash permainan bola voli siswa SMA dapat meningkatkan keterampilan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan metode pengembangan Sugiyono yang disederhanakan dari 10 tahapan menjadi 8 tahapan yaitu potensi dan permasalahan, pengumpulan data, perancangan produk, verifikasi desain, pengujian pemakaian, revisi produk, pengujian. Berdasarkan hasil studi, sumber pembelajaran berbasis audio visual yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator pada tahap awal, mendapatkan hasil rata-rata sebesar 79% terhitung kedalam kriteria “layak digunakan”. Kelayakan tersebut kemudian didasarkan pada respon siswa SMA Swasta Eria Medan, dengan hasil persentase sebesar 80% (termasuk kriteria “valid”) yang diperoleh pada uji coba kelompok yang melibatkan 15 siswa, sedangkan pada uji coba kelompok besar yang melibatkan 30 siswa menghasilkan hasil persentase sebesar 81% memenuhi kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil dan perbaikan yang diperoleh dari komentar dan saran, Kesimpulan penelitian media pembelajaran interaktif berbasis video layak digunakan untuk proses pembelajaran materi smash permainan bola voli yang digunakan.

References

Alfa Dadi Putra, Hasna Salsabila. (2021). Pengaruh Media Interaktif dalam Perkembangan Kegiatan Pembelajaran pada Instansi Pendidikan. Inovasi Kurikulum. Vol. 18, No. 02; 231-241.

Bangun Sabaruddin Yunis. (2013). Analisis Tujuan Materi Pembelajaran dan Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Cerdas Sifa. Vol. 01, No. 01.

Calmorin, L. P. & Calmorin M. A. (1997). Statistics in Education and the Sciences: (with Application to Research) 1st ed. Manila: Rex Book Store.

Khaira, H. (2021). Exploring the use of video podcasts in education: A comprehensive review of the literature. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia (39-44). Medan: FBS Unimed Press.

Nurmaida S, Sukendro, Indryani, Ely Yuliawan. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas V SDN 76/IX Mendalo Darat. Jurnal Prestasi. Vol. 06, No. 02; 38-47.

Rohmalina, Wahab. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Salsabila Firdausia, Ince Prabu Setiawan, Abrina Maulidnawati. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif (Expllicit Instruction) Terhadap Karakter dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Murid. ALENA – Journal of Elementary Education. Vol. 01, No. 01; 1-14.

Sri Widoyoningrum, Anita Andriani, Indana Lazulfa. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Bagi Guru Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK) Vol.7 (303-308).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-30